Pencarian Empat Awak Kapal Terbakar di Perairan Buton Dihentikan

954
 
Kendari, Inilahsultra.com – Tim SAR gabungan menghentikan pencarian terhadap empat awak Kapal Motor (KM) Yuliner 05 yang terbakar di Perairan Buton Selatan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).
Kepala Basarnas Kendari Aris Sofingi menyebut, peristiwa kapal terbakar itu terjadi pada 13 September 2020 namun baru diterima informasinya pada 15 September 2020.
Ia mengaku, pencarian terhadap empat korban melibatkan tim gabungan yang terdiri dari Pos SAR Baubau, Polsek Siompu, Polsek Talaga, Syahbandar Baubau, Pos AL Baubau, Polair Baubau, SROP Baubau, SROP Kendari, SROP Kolaka dan masyarakat nelayan.
“Hingga memasuki hari ini, Senin 21 September 2020 pukul 14.00 WITa hasil operasi pencarian secara langsung dengan pengerahan potensi dan alat angkut serta pemantauan tim SAR gabungan dengan hasil nihil,” jelasnya, Senin (21/9).
Ia menyebut, operasi SAR sudah berjalan sembilan hari terhitung dari tanggal kejadian, namun belum ditemukan tanda-tanda keberadaan korban.
“Maka sesuai standar operasional prosedur (SOP) operasi SAR, berdasarkan koordinasi denga unsur SAR gabungan, pemilik kapal dan keluarga korban maka operasi SAR terhadap KM Yuliner 05 yqng terbakar di perairan Buton Selatan dinyatakan ditutup pada hari ini,” tekannya.
Meski sudah ditutup, kata dia, operasi SAR masih bisa dilanjutkan kembali bila ditemukan keberadaan korban.
Ia menyebut, KM Yuliner GT 97 terbakar di sekitar Perairan Talaga, Pulau Siompu, Kabupaten Buton Selatan (Busel), Sulawesi Tenggara (Sultra).
Kapal ini diketahui memiliki rute Pangkep – Binongko yang memuat barang berupa semen. Pemilik kapal kabarnya kontak terakhir dengan pekerjanya itu pada Sabtu 12 September 2020 subuh.
Dari peristiwa nahas ini, sebanyak 4 orang dinyatakan hilang, yakni, Dausi (50), Angga (35), Syarif (20) dan nakhoda bernama Musa (50). Keempatnya adalah warga Kabupaten Bone Sulawesi Selatan.
Sementara satu orang ditemukan selamat bernama Halin (38) asal Maluku dan korban meninggal dunia yang ditemukan adalah Jawade (35) warga Kabupaten Bone Sulawesi Selatan.
Penulis : Pandi
- Advertisement -
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...