Baubau Terima Bantuan Alsintan dari Kementan

993
 

Baubau, Inilahsultra.com – Kementerian Pertanian (Kementan) RI memberikan sejumlah bantuan alat mesin pertanian (Alsintan). Masing-masing, satu unit mesin pemanen padi dan dua unit traktor besar.

Serah terima alat pertanian ini berlangsung di Ngkari-ngkari dan diserahkan kepada Brigade Alsintan, Rabu 23 September 2020.

- Advertisement -

Sekda Kota Baubau Roni Muhtar menuturkan, bantuan mesin pemanen dan traktor itu bisa memudahkan kerja-kerja para petani, utamanya dalam mengolah sawah.

“Pemanenan lebih efektif dan efisien karena petani bisa langsung memanen padi secara otomatis tanpa membutuhkan tenaga manusia yang banyak,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Baubau Muhammad Rais menambahkan, dalam tahun 2020 ini akan ada lagi tambahan Alsintan.

“Masih ada lagi yang sementara dalam proses tender yakni 10 unit traktor rotaris, enam unit Kultivator serta 10 unit pompa. Insya Allah dalam waktu dekat, alat-alat itu dikirim lagi ke Baubau” tambahnya.

Kata dia, turunnya bantuan pemerintah pusat ini tidak terlepas dari peran Wali Kota AS Tamrin yang memiliki akses ke petinggi Kementan.

Rais mengurai, pemanfataan Alsintan yang diserahkan ke Brigade ini akan menggunakan sistem pinjam. Nantinya, seluruh petani di Kota Baubau berhak mengajukan peminjaman alat-alat itu.

“Kenapa kita simpan ke Brigade, agar seluruh petani bisa meminjamnya. Kalau ke kelompok tani, bisa-bisa menimbulkan kecemburuan kepada kelompok tani lainnya,” tandasnya.

Untuk diketahui, selain Sekda Kota Baubau, penyerahan Alsintan ini iuga disaksikan langsung Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Provinsi Sulawesi Tenggara, Budianti Kadidaa.

Reporter: Muhammad Yasir

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...