Hari Ini Pengundian Nomor Urut, KPU Butur Larang Paslon Bawa Massa

593
 

Buranga, Inilahsultra.com– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Buton Utara (Butur) meminta kepada pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Butur untuk tidak mengarahkan massa pendukungnya saat pencabutan nomor urut Paslon pada hari ini, Kamis 24 September 2020.

Dimana, KPU Butur akan melaksanakan pencabutan nomor urut di Gedung Islamic Center yang berada di Minaminanga Kecamatan Kulisusu.

- Advertisement -

Ketua KPU Butur Hasruddin melalui surat penyampaian yang dikirimkan kepada masing-masing Paslon, meminta untuk tidak menghadirkan massa dalam tahapan pencabutan nomor urut.

Dalam penyampaian itu, diterangkan KPU Butur akan melaksanakan tahapan penetapan pasangan calon dan pengundian nomor urut dengan berpedoman kepada peraturan KPU Nomor 6 Tahun 2020 jo. Peraturan KPU Nomor 10 Tahun 2020 tentang pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota serentak lanjutan dalam kondisi bencana nonalam Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Sehubungan dengan hal ini, disampaikan kepada Paslon dan tim kampanye agar tidak mengumpulkan massa atau membawa pendukung dalam mengikuti tahapan pengundian nomor urut,” harapnya.

Selain itu, Paslon atau tim kampanye bertanggung jawab terhadap pelaksanaan protokol kesehatan di luar gedung kegiatan berdasarkan ketentuan perundang-undangan atau peraturan pemerintah setempat.

Meski demikian, bagi para pendukung atau masyarakat yang ingin menyaksikan langsung proses pengundian dan pengumuman nomor urut tersebut, bisa melalui live streaming di halaman Facebook KPU Buton Utara. Giat tersebut dijadwalkan akan dimulai pukul 09.30 Wita hingga pukul 12.00 Wita.

Sebelumnya, KPU Butur telah menetapkan tiga Paslon Bupati dan Wakil Bupati pada perhelatan pemilihan kepala daerah 9 Desember 2020 mendatang. Penetapan ini dilakukan dalam rapat pleno tertutup, Rabu 23 September 2020 di Kantor KPU Butur.

Adapun Paslon yang telah ditetapkan yakni, Abu Hasan-Suhuzu (AHS) diusung PDIP dengan 4 kursi di legislatif. Selanjutnya, Ridwan Zakariah-Ahali (RIDA) diusung PAN 5 kursi, Partai Golkar 3 kursi serta Partai Demokrat 2 kursi. Lalu Paslon ketiga, Muhammad Aswadi Adam-Fahrul Muhammad (ASRUL) yang diusung koalisi PKB dengan 3 kursi, PKS 1 kursi, Partai Gerindra 1 kursi dan PKPI 1 kursi.

Editor : Aso

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...