KPU Butur Tes Wawancara 68 Calon Relawan Demokrasi

504
 

Buranga, Inilahsultra.com-Usai dinyatakan lulus seleksi administrasi, sebanyak 68 orang calon Relawan Demokrasi mulai mengikuti tes wawancara dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buton Utara (Butur). Pelaksanaan wawancara ini digelar di salah satu hotel di Kulisusu, Minggu 27 September 2020.

Ketua KPU Butur, Hasruddin ditemui di tempat tes wawancara mengatakan, tahap wawancara merupakan proses akhir seleksi Relawan Demokrasi. Usai tahap ini, nantinya bisa segera ditetapkan siapa yang akan menjadi Relawan Demokrasi.

- Advertisement -

“Tes wawancara ini untuk mengetahui kemampuan masing-masing relawan untuk penempatan persegmen, sehingga kegiatan sosialisasi atau tahapan pemilu dapat maksimal dan tepat sasaran sampai ke masyarakat,” katanya.

Pihaknya sendiri, mencari 30 anggota relawan demokrasi yang mewakili berbagai segmen. Mulai dari pemilih pemula, kelompok tokoh agama, tokoh masyarakat, kelompok perempuan, segmen basis disabilitas dan kelompok pinggiran.

“Total 30 relawan itu sudah mewakili seluruh segmen. Jadi masing-masing segmen ada 5 orang relawan,” kata Hasruddin.

Jumlah relawan tersebut disesuaikan dengan kebutuhan. Mereka yang dinyatakan lulus akan bertugas dari tanggal 5 Oktober sampai 6 Desember 2020.

Adapun relawan demokrasi ini nantinya akan menjadi agen sosialisasi dalam memberikan pendidikan demokrasi terkait Pemilihan Umum (Pemilu). Tugas para relawan demokrasi yaitu mengajak masyarakat untuk bisa memanfaatkan hak pilihnya pada 9 Desember nanti.

Olehnya itu, tambah dia diharapkan pula kerjasama dari masyarakat untuk mendukung kerja-kerja para relawan demokrasi ini. Para relawan ini akan ikut mensosialisasikan tahapan dan informasi seluruh yang berakaitan dengan penyelenggaraan Pilkada kepada masyarakat.

“Dengan itu informasi penyelenggaran Pilkada akan semakin sampai dilevel paling bawah. Sehingga tidak ada lagi alasan tidak sampai di masyarakat. Maka diharapkan partisipasi masyarakat dalam Pilkada nanti akan meningkat,” imbuhnya.

Relawan demokrasi ini dalam melaksanakan tugas tentunya tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

“Tetap mematuhi protokol pencegahan Covid-19. Relawan demokrasi ini dalam melaksanakan tugas dilengkapi alat pelindung diri sesuai dengan protokol kesehatan,” pungkasnya.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...