Pemkab Busel Gencar Sosialisasi Perbup Protokol Covid-19

277
 

Batauga, Inilahsultra.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Selatan (Busel) gencar mensosialisasikan Peraturan Bupati (Perbup) Busel Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

Sosialisasi Perbup 22 Penerapan Protokol Covid-19 ini sudah berlangsung selama dua hari. Masing-masing, di Kecamatan Lapandewa, Sampolawa, Siompu, dan Siompu Barat.

- Advertisement -

Besok, Senin 28 September 2020, rencananya sosialisasi akan dilanjutkan di Kecamatan Batauga dan Kadatua. Sedangkan untuk Kecamatan Batu Atas, akan dilaksanakan pada Oktober mendatang.

Sosialisasi pada hari kedua ini Minggu 27 September 2020, difokuskan di Kecamatan Siompu dan Siompu Barat.

Camat Siompu Harudin menuturkan, sosialisasi di Kecamatan Siompu sudah dilakukan kepada semua Kepala Desa dan Kepala Sekolah. Bahkan sudah pernah dilakukan penertiban kepada masyarakat di Pasar Tongali sejak pekan lalu.

β€œNamun belum diberikan sanksi, baru sebatas peringatan. Setelah sosialisasi ini, maka nanti terhitung 1 Oktober akan kami lakukan penertiban di pasar dan desa-desa bersama tim terpadu, TNI/Polri, Satpol PP dan aparat desa,” tuturnya.

Untuk diketahui, Perbup 22 ini mengatur mengenai pelaksanaan, monitoring dan evaluasi, sanksi, pengawasan dan penindakan, sosialisasi dan partisipasi, dan pendanaan.

Diantaranya, setiap orang wajib melakukan perlindungan kesehatan yang meliputi menggunakan alat pelindung diri berupa masker yang menutupi hidung dan mulut hingga dagu ketika keluar rumah, berinteraksi dengan orang lain dan menggunakan kendaraan bermotor.

Kemudian, mencuci tangan secara teratur dengan air mengalir dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer sebelum dan sesudah beraktifitas. Melakukan pembatasan interaksi fisik dan meningkatkan daya tahan tubuh dengan menerapkan PHBS.

Selanjutnya, setiap orang yang melanggar kewajiban akan dikenai sanksi berupa teguran lisan, kerja sosial dan/atau denda administratif.

Reporter: Muhammad Yasir

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...