Studi Kelayakan Pembangunan Bandara Kargo di Kadatua Busel Mulai Dilakukan

888
 

Batauga, Inilahsultra.com – Tim ahli PT Tatwa Jagad Nata mulai melakukan penelitian lokasi di Kecamatan Kadatua Kabupaten Buton Selatan (Busel) untuk studi kelayakan rencana pembangunan Bandara Kargo.

“Per hari ini mereka lakukan penelitian ke Kadatua,” tutur Asisten II Setda Busel La Ode Mpute di ruang kerjanya, Senin 28 September 2020.

- Advertisement -

Kata dia, fokus pada tahap studi kelayakan penetapan lokasi sesuai dengan kriteria-kriteria teknis di bidang kebandarudaraan yang berlaku secara internasional yang dibakukan oleh International Civil Aviation Organization (ICAO) dan merujuk kepada standar peraturan perundangan yang berlaku.

“Studi kelayakan ini dilihat dari kelayakan aspek teknik kebandarudaraan, kelayakan aspek operasional penerbangan, kelayakan aspek sosial, kelayakan aspek lingkungan dan kelayakan aspek ekonomi,” ujar mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Busel ini.

Sebelumnya, salah satu tim ahli penyusun studi kelayakan Ahmad Ede menuturkan, pembangunan Bandara Cargo ini sangat mungkin diwujudkan. Dari letak dan kondisi geografis yang menjadi letak pembangunan dan didukung lahan yang memadai menjadi nilai plus pembangunan.

Kata dia, meski Busel dekat dengan Kota Baubau yang notabene telah memiliki bandar udara penumpang, bukan berarti dijadikan patokan pembangunan bandara di Busel tidak bisa diwujudkan.

Ahmad Ede menjelaskan, sinyal rencana pembangunan bandara ini kian besar apalagi akan terkoneksi dengan transportasi penyebrangan Kapal Feri Kadatua. Akselerasi kedua moda transportasi ini akan semakin memperlancar ekonomi daerah.

“Apalagi Busel ini memiliki potensi yang begitu besar mulai dari pariwisata, perikanan dan lainnya. Tentu kehadiran bandara ini akan sangat mendukung ekonomi masyarakat karena Busel punya potensi itu,” tandasnya.

Reporter: Muhammad Yasir

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
11
Komentar
loading...