Gubernur Sultra dan Forkopimda Makin Sinergi

221
 

Kendari, Inilahsultra.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Sultra terus menunjukan sinergitas yang baik.

Kekompakan itu terlihat saat perayaan HUT TNI ke-75 secara virtual yang dipimpin langsung Presiden RI, Joko Widodo dari Istana Negara, Jakarta, Senin 5 Oktober 2020.

- Advertisement -

Mengusung tema “Sinergi untuk Negeri”, Gubernur Sultra Ali Mazi mengikuti upacara dari Ruang Merah Putih Rumah Jabatan Gubernur Sultra bersama anggota Forkopimda. Diantaranya Ketua DPRD Sultra H. Abdurrahman Saleh, Komandan Korem 143/Halu Oleo Brigjen TNI Jannie Aldrin Siahaan, Danlanud HLO Kendari Kolonel (Pnb) Muzafar, Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Kendari Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia.

Hadir pula Kabinda Sultra Brigjen TNI Aminullah, Kepala BNNP Sultra Brigjen Pol. Drs. Ghiri Prawijaya, Wakapolda Sultra Brigjen. Pol. Drs. Waris Agono, Komandan Kodim 1412/Kolaka Letkol Inf. Risa Wahyu Pudji Setyawan, dan Bupati Kolaka Utara Drs. H. Nur Rahman Umar.

Juga diikuti secara virtual oleh prajurit TNI dari markas besar masing-masing angkatan, seperti jajaran Kodam, Komando Armada Angkatan Laut, dan Komando Operasi Angkatan Udara di seluruh Indonesia.

Kepala OPD lingkup Provinsi Sultra hingga eselon di bawahnya, juga para perwira pertama di lingkup tiga angkatan di wilayah teritorial Sultra, hanya diperkenankan mengikuti upacara peringatan tersebut melalui siaran televisi.

Dalam amanatnya, Presiden Joko Widodo mengucapkan selamat HUT TNI kepada seluruh perwira, purnawirawan, dan prajurit TNI.

“Atas nama rakyat, bangsa, dan negara, saya menyampaikan ucapan selamat hari ulang tahun Tentara Nasional Indonesia yang ke-75. HUT TNI ini bukan hanya dirayakan oleh anggota dan keluarga besar TNI di manapun berada, tetapi juga oleh segenap rakyat Indonesia,” kata Presiden Republik Indonesia.

Perjalanan panjang sejak perjuangan kemerdekaan sampai saat ini menunjukan bahwa TNI adalah penjaga utama kedaulatan negara, menjaga keutuhan wilayah NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

Presiden RI mengapresiasi peran TNI. Kontribusi TNI untuk bangsa dan negara bukan hanya melalui OMP (Operasi Militer untuk Perang) tetapi juga melalui OMSP (Operasi Militer Selain Perang), yang dengan sigap membantu rakyat yang sedang menghadapi bencana alam, termasuk dalam menghadapi pandemi Covid-19 sekarang ini.

Seusai sambutannya, Presiden Joko Widodo memberikan dan menyematkan anugerah tanda kehormatan kepada tiga prajurit TNI berprestasi. Bintang Kartika Eka Paksi Nararya diberikan kepada Kolonel Inf. Sri Widodo; Bintang Jalasena Nararya diberikan kepada Kapten Mar. Suryo Hadil Umam; dan Bintang Swa Bhuwana Paksa Nararya juga diberikan kepada Pembantu Letnan (Peltu) Sobirin.

Presiden juga menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada keluarga besar dan institusi serta para prajurit TNI yang sedang bertugas di manapun.

Apresiasi juga diberikannya kepada para purnawirawan yang telah mewariskan institusi dan juga prajurit TNI yang selalu berbakti untuk kemajuan negeri dalam dunia yang selalu berubah.

“Terus tingkatkan kemampuan, profesionalisme, dan kesiapsiagaan untuk menerima tugas-tugas selanjutnya. Pegang teguh amanat Sapta Marga dan Sumpah Prajurit. Jagalah terus kemanunggalan TNI dengan rakyat. Jadikanlah sinergi sebagai kekuatan membangun negeri, membawa Indonesia menjadi negara maju,” pesan Presiden RI kepada para prajurit TNI.

Mendampingi Presiden RI dalam upacara ini, antara lain Wapres Ma’ruf Amin, Menhan Prabowo Subianto, Kepala Staf Presiden Moeldoko, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Idham Azis.

Kelima pejabat tinggi negara ini juga menemani Presiden Joko Widodo melakukan video konferensi dengan prajurit TNI pada enam Satgas TNI, yaitu Satgas untuk Penugasan PBB di Republik Demokratik Kongo, Satgas untuk Pengamanan Pulau Terdepan di Pulau Sekatung, Natuna, Kepulauan Riau, Satgas untuk Pengamanan Wilayah Natuna Utara; Satgas Pandemi Covid-19, di Pulau Galang, Natuna, Kepulauan Riau, Satgas Pengamanan Wilayah Udara Nasional di Pulau Saumlaki, Maluku, dan Satgas Pengamanan Perbatasan Negara RI dan Papua Nugini, di Papua.

Editor: Din

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...