Cegah Covid, Warga Baru Masuk Konkep harus Wajib Lapor di Pelabuhan

229
 

Kendari, Inilahsultra.com – Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) mulai memperketat pintu masuk ke Pulau Wawonii untuk mencegah penyebaran virus corona.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Konkep Muh Yusuf mengatakan, selama ini, Pulau Wawonii kategori hijau. Namun, belakangan, dideteksi ada sembilan orang yang terinfeksi virus corona. Terbaru, Sabtu 17 Oktober 2020 terjadi penambahan satu kasus.

- Advertisement -

“Jadi sembilan orang ini orang dari luar, bukan klaster dalam Konkep. Sekarang mereka sudah karantina,” kata Muh Yusuf, Jumat 16 Oktober 2020.

Untuk mengantisipasi terjadinya penyebaran Covid di Pulau Wawonii, Yusuf mengaku telah menginstruksikan kepada seluruh gugus tugas untuk memperkuat pintu masuk pelabuhan, baik feri maupun pelabuhan rakyat.

“Kita perketat pintu masuk sekarang termasuk perbatasan antar-desa dan kecamatan,” tambahnya.

Khusus di pelabuhan, kata dia, masyarakat yang baru datang di Pulau Wawonii diwajibkan melapor ke posko gugus tugas untuk didata identitas dan maksud kedatangannya.

“Kita juga ukur suhunya, dan wajibkan pakai masker. Kita data mereka supaya kita ketahui aktivitasnya,” jelasnya.

Hal yang sama, lanjut dia, berlaku bagi masyarakat Konkep agar selalu memakai masker di tempat keramaian, menjaga jarak dan mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir.

“Penanggulangan Covid ini menjadi tanggung jawab kita bersama, bukan hanya pemerintah tapi masyarakat harus ikut membantu memutus mata rantai penularan virus dengan mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah,” tekannya.

Penulis : Pandi

#satgascovid19

#ingatpesanibu

#ingatpesanibuwajibpakaimasker

#ingatpesanibuwajibjagajarak

#ingatpesanibuwajibcucitangan

#wajibpakaimasker

#wajibjagajarak

#wajibjagajarakhindarikerumunan

#wajibcucitangan

#wajibcucitangandengansabun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...