KPU Butur Disomasi Tim Hukum AHS soal APK

302
 

Buranga, Inilahsultra.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Buton Utara (Butur) disomasi tim kuasa hukum Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Butur, Abu Hasan-Suhuzu (AHS).

Somasi itu buntut pembongkaran Alat Peraga Kampanye pasangan AHS dan lambannya pemasangan APK dan Bahan Kampanye (BK) yang difasilitasi KPU Butur.

- Advertisement -

Ketua KPU Butur, Hasruddin mengatakan, terkait somasi tersebut sudah dibalas yang ditujukan kepada tim hukum AHS.

Hasruddin menjelaskan, proses pencetakan APK dan BK membutuhkan waktu. Sehingga setelah penetapan nomor urut tidak mesti APK langsung dipasang.

Apalagi, APK dan BK tidak bisa diproduksi sebelum ada penetapan nomor urut pasangan calon.

“APK itu kan begini dia. Setelah pencabutan nomor urut kita bersurat kepada tim pasangan calon untuk mengirimkan desain APK. Dari pengiriman desain APK mereka sudah terlambat mengirim ke KPU,” kata Hasruddin saat dihubungi via telepon selularnya, Rabu 21 Oktober 2020.

Selain itu, lanjut dia, APK dan BK tersebut melalui proses lelang karena nilainya melebihi Rp 200 Juta. Proses itu berlaku untuk seluruh KPU yang menyelenggarakan Pilkada di Sultra, minus KPU Konawe Kepulauan (Konkep).

“Karena Konkep dia kecil, sehingga tidak lelang. Proses lelang itu kan butuh waktu berapa minggu. Kalau tidak, kita akan bermasalah juga dengan undang-undang yang mengatur tentang pengadaan,” terangnya.

Menurut Hasruddin, setelah ada pemenang lelang, ada perusahaan yang keberatan atau menyanggah. Sehingga prosesnya belum bisa dilanjutkan sampai proses itu selesai.

Setelah sanggahan itu selesai, lanjut dia, barulah proses lelang diselesaikan sampai ada penetapan pemenang.

“Setelah ada pemenang lelang, ada perusahaan yang keberatan. Ada sanggahan. Jadi setelah sanggahan itu selesai baru diselesaikan lagi prosesnya. Tidak mungkin masih ada sanggahan sudah mau diproduksi,” tambahnya.

Meski begitu, Hasruddin menegaskan, pasang calon tidak perlu khawatir. APK dan BK dipastikan akan selesai dalam waktu dekat. Bahkan, saat ini sebagian pengiriman APK ke Butur sudah dilakukan.

“Insha Allah (Selesai dalam waktu dekat). Tadi sebagian APK sudah dibawa ke Butur,” tuturnya.

Editor: Din

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...