Bupati Buteng Nilai Predikat WTP Potret Pengelolaan Keuangan Daerah yang Baik

312
 

Labungkari, Inilahsultra.com โ€“ Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Tengah (Buteng) kembali meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan tahun 2019. Opini WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) ini merupakan yang ketiga kalinya diraih daerah yang dipimpin Bupati Samahuddin tersebut.

Penghargaan atas opini WTP tersebut di Bupati Buteng Samahuddin di Aula Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) wilayah Baubau, Kamis 22 Oktober 2020.

- Advertisement -

Samahuddin mengatakan, raihan predikat WTP dari BPK RI Perwakilan Sultra tersebut merupakan prestasi buat pemerintah daerah sebagai bentuk komitmen menciptakan tata kelola keuangan daerah yang baik, bersih, dan akuntabel.

Prestasi gemilang ini tak akan dapat diraih tanpa kerjasama dan kerja keras dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) khususnya Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) yang menangani pengelolaan keuangan dan Inspektorat dalam bidang pengawasan keuangan.

โ€œSaya mengucapkan terima kasih atas kerja keras seluruh OPD saya yang sudah bekerja keras dalam melakukan pengelolaan keuangan maupun pelaporan keuangan,โ€ ungkapnya.

Predikat WTP tersebut, kata Ketua DPC PDIP Buteng ini, akan terus dipertahankan. Sehingga seluruh kepala OPD maupun Sekda harus terus bersama-sama mengelola keuangan daerah dengan hati-hati.

Samahuddin menyadari, opini WTP merupakan potret daerah dalam penyusunan anggaran dengan standar akuntansi pemerintah. Hal itu juga sesuai petunjuk yang diberikan BPK agar pengelolaan keuangan oleh pemerintah tidak disalahgunakan.

โ€œSaat ini memang masih ada kendala terkait pelaporan aset, namun kita terus berupaya untuk menyelesaikan secara bertahap,โ€ tutupnya.

Reporter: LM Arianto

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...