Ada Razia Masker di Operasi Zebra Anoa 2020

260
 

Baubau, Inilahsultra.com – Satuan Lalulintas (Sat Lantas) Polres Baubau akan menggelar Operasi Zebra Anoa 2020. Tepatnya, Senin 26 Oktober hingga 8 November 2020.

Operasi yang melibatkan 38 personil ini sekaligus dilakukan razia masker kepada pengendara roda dua maupun roda empat. Langkah ini sebagai upaya memutus mata rantai penularan Covid-19.

- Advertisement -

Kasat Lantas Polres Baubau, AKP Sugiri menuturkan, target operasi kali ini bertujuan menurunkan angka kecelakaan lalulintas, mengurai kemacetan.

“Dan yang lebih utama mencegah penyebaran Covid-19 karena dibarengi razia masker,” tuturnya, Sabtu 24 Oktober 2020.

Nantinya, kata dia, pihaknya akan melakukan beberapa tindakan dalam proses operasi ini. Mulai dari tindakan prevemtif/sosialisasi dan himbauan kepada masyarakat, hingga tindakan preventif dengan patroli dan penegakan hukum terhadap pelanggar lalulintas termasuk pelaku balap liar.

“Dalam operasi ini kami juga siapkan beberapa masker bagi mereka yang tidak bawa masker, sekaligus mengimbau tetap terapkan protokol kesehatan. Jika ada pengendara memakai masker, tapi tidak pakai helem tetap akan ditindak,” ujarnya.

Perwira tiga balak ini menjelaskan, sasaran operasi zebra nanti antara lain surat-surat kendaraan, tidak menggunakan helm SNI, melawan arus, penggunaan HP saat berkendara,  berkendara di bawah pengaruh alkohol, melebihi batas kecepatan, berkendara di bawah umur dan tidak menggunakan safety belt.

“Untuk besaran denda telah tertuang dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Misalnya tidak mengenakan helm standar nasional Indonesia (SNI) akan didenda Rp 250.000. Denda itu juga berlaku saat membiarkan penumpang tidak memakai helm,” jelasnya.

Selain itu, tambah dia, bagi pengemudi tidak memiliki kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, knalpot dan kedalaman alur ban akan didenda paling banyak Rp 250.000.

“Sementara pengemudi atau penumpang yang tidak mengenakan sabuk keselamatan akan didenda paling banyak Rp 250.000,” tandasnya.

Untuk diketahui, beberapa lokasi menjadi titik fokus personil Sat Lantas Polres Baubau seperti Pasar Karya Nugraha, Laelangi dan Jalan Yos Sudarso yang kerap rawan macet. (ADS)

Reporter: Muhammad Yasir

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibuwajibpakaimasker
#ingatpesanibuwajibjagajarak
#ingatpesanibuwajibcucitangan
#wajibpakaimasker
#wajibjagajarak
#wajibjagajarakhindarikerumunan
#wajibcucitangan
#wajibcucitangandengansabun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...