Angkatan 2000, Tonggak Awal Berdirinya Fakultas Hukum Universitas Halu Oleo

791
 

Kendari, Inilahsultra.com Tepat 23 Maret 2000, Program Studi Ilmu Hukum resmi berdiri di Universitas Haluoleo Kendari. Namun, masih di bawah naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).

Angkatan 2000 dapat dibilang sebagai mahasiswa pertama sekaligus tonggak awal berdirinya konsentrasi ilmu hukum di Kampus Hijau Kendari itu.

- Advertisement -

Namun, adanya prodi itu tidak membuat mahasiswa berpuas diri. Mereka memiliki bayangan lebih jauh soal masa depan ilmu hukum untuk berdiri sendiri menjadi fakultas. Sebab, bagi mahasiswa, ilmu hukum memiliki konsentrasi pengetahuan berbeda dengan FISIP.

Akhirnya, mahasiswa terus mendesak dan mendapat dukungan civitas akademika, Fakultas Hukum berdiri resmi tiga tahun kemudian, 2003. Namun, Fakultas Hukum UHO baru defenitif pada 2006.

Bila menghitung ke belakang, Ilmu Hukum di UHO Kendari sudah berusia 20 tahun. Momen ini kemudian diperingati oleh seluruh alumni. Tak afdol bila alumni ini tidak dilembagakan dalam sebuah ikatan organisasi. Ikatan Alumni (ILUNI) Fakultas Hukum UHO kemudian dinamakan.

Pemilihan secara musyawarah akhirnya digelar lewat virtual pekan kemarin. Baron Harahap, yang juga angkatan pertama Prodi Hukum didaulat sebagai ketua ikatan alumni.

Penunjukan Baron ini bukan hal yang salah. Sebab, di mata para dosen, Baron dikenal “nakal” dan paling cerewet bertanya soal ilmu hukum.

Hal itu terungkap dalam gala diner yang digelar oleh Alumni Fakultas Hukum Angkatan 2000 di salah satu rumah makan di Kota Kendari.

Di mata dosen yang menyampaikan kesan, Baron dianggap sering mengerjai dosen muda yang memiliki usia tak jauh beda dengannya.

Di angkatan 2000 pun bukan hanya Baron yang menonjol. Hampir semua mahasiswa masa itu kritis dan kadang membuat dosen kelabakan untuk menjawab isu yang diangkat di bangku perkuliahan.

Seluruh kenangan masa lalu itu membuat suasana gala diner menjadi lebih akrab, hangat dan penuh kekeluargaan. Tak sedikit mengungkit soal mantan hingga berebut telepon cewek seangkatan yang paling cantik. Tentu hanya untuk mendengar suaranya.

Cerita masa lalu yang telah menembus fase 20 tahun itu memantik Alumni Fakultas Hukum UHO untuk memberikan kontribusi positif bagi “rahim” pengetahuan Hukum di Universitas Halu Oleo Kendari.

Baron Harahap selaku ketua alumni menyebut, organisasi ini diharapkan terus solid, sinergi dan sukses ke depannya.

“Tentu, ini menjadi poin awal agar kita bisa memberikan kontribusi yang baik bagi alumni,” katanya.

Selain itu, lanjut Baron, organisasi ini akan terus bekerja di bidang sosial dan pengembangan kapasitas alumni ke depannya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Hukum UHO Herman menyatakan, jumlah alumni di fakultas yang diampunya itu sudah menembus 3 ribu orang. Jumlah yang tidak sedikit.

“Kalau 3 ribu ini disolidkan dan disinergikan sudah pasti sukses,” jelasnya.

Ia menyebut, angkatan 2000 boleh dikata merupakan kumpulan mahasiswa yang dikenal kritis. Ibarat anak pertama, berkumpulnya gen mama dan bapaknya. Saking kritis dan cerdasnya, dosen yang akan mengajar harus lebih pintar. Sebab, biasa dikerjai dengan pertanyaan membingungkan.

“Dosen harus belajar malamnya, karena hadapi angkatan pertama,” katanya.

Sebagai pimpinan fakultas, Herman mengaku sudah menyiapkan sekretariat di kampus untuk bersinergi dengan kampus dalam hal pengembangan kapasitas mahasiswa ke depannya.

“Nanti, sudah ada perwakilan alumni untuk melepaskan adik mahasiswa saat yudisium,” jelasnya.

Ia juga tengah menggagas program alumni menginspirasi. Sebab, banyak alumni yang sudah sukses di berbagai bidang. Ada yang jadi hakim, jaksa bahkan pengacara kondang sudah tak bisa dihitung jumlahnya.

“Ini yang saya pikirkan ke depannya. Kita membangun sinergi untuk Fakultas Hukum UHO yang lebih baik dan maju,” pungkasnya.

Penulis : Pandi

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1
Komentar
loading...