Peringati Hari Sumpah Pemuda, KAT Bersama KNPI Butur Gelar Pentas Terbuka dan Seni Budaya

247
 

Buranga, Inilahsultra.com- Dalam rangka memperingati Hari Sumpa Pemuda, Komunitas Anak Tanjung (KAT) bersama Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Buton Utara (Butur) menggelar Pentas Terbuka dan Seni Budaya. Kegiatan tersebut dipusatkan di Desa Malalanda, Bone Pantai Kecamatan Kulisusu, Rabu 28 Oktober 2020, malam.

Dalam kegiatan itu, selain menyajikan pagelaran musik yang dibawakan J Akustik dengan penyanyi Asron Muslim, juga diadakan kegiatan Tadarus dan pembacaan puisi.

- Advertisement -

Hadir dalam kegiatan ini, Ketua KNPI Butur Alias Dadi Agusman, Ketua Komunitas Anak Tanjung, Al Kalam, serta para pengurus KTA, dan KNPI. Pada kesempatan ini, Dadi sapaan akrab Alias Dadi Agusman memberikan sumbangan dana kepada panitia kegiatan yang diterima langsung Al Kalam.

Selain itu, Dadi yang juga anggota DPRD Butur ini didaulat membacakan sumpah pemuda yang diikuti seluruh yang hadir, sekaligus membuka secara resmi kegiatan ini.

Dadi dalam sambutannya mengatakan, makna hari lahir sumpah pemuda merupakan sebuah landasan moral cara berpikir pemuda, karena pada dasarnya bangsa ini hadir atas dorongan dan pemikiran kaum pemuda.

Kemudian, sambung politisi Gerindra ini, peran pemuda kelahirannya konggres kedua, telah menetapkan dan mendorong, bahwasannya pemuda ialah aset bangsa dan embrio lahirnya bangsa Indonesia.

Karena sejarah telah mencatat, terang dia bahwa pada masa itu, pada tanggal yang sama telah lahir sebuah pengakuan besar di seluruh bangsa ini, mengakui atas sebuah ikatan kesadaran akan perlunya sebuah kemerdekaan. Atas pemikiran itu, pemuda menggelar gerakan nasional yang terbentuknya kemerdekaan.

Ketua KNPI Butur, Alias Dadi Agusman bersama grup musik J Akustik pada pagelaran Pentas Terbuka dan Seni Budaya.

“Berkaitan dengan hal itu, tujuan kegiatan ini, ikut mendorong pemuda untuk mengenang arti lahirnya Sumpah Pemuda, dimana atas gagasan kaum mudalah melakukan gerakan nasional tentang arti penting kemerdekaan,” katanya.

Sebagai pemuda Butur, tambah dia tentu berkewajiban melanjutkan amanat sumpah pemuda serta memiliki tanggung jawab mengisi kemerdekaan, dalam hal ini turut memberikan ide dan gagasan sesuai disiplin ilmu untuk kemajuan daerah serta persatuan dan kesatuan pemuda.

“Jadi acara malam ini, bagi saya sebuah kebanggaan besar sebagai Ketua KNPI Buton Utara, karena dalam kepengurusaan saya, baru pertama bahkan pernah diundang tapi bukan malam 28 Oktober. Alhamdulillah Anak Tanjung dari Kulisusu Selatan, telah memposisikan dirinya sebagai lokomotif pergerakan pembangunan Buton Utara” tuturnya.

Menurut Dadi, perlu disadari persatuan pemuda yang diharapkan ke depan, yang dapat memberikan ide gagasan konstruktif untuk pembangunan daerah dari segala sektor, baik bidang pendidikan, termaksuk kegiatan malam ini, melalui bidang seni dan budaya.

“Mari kita hidupkan kegiatan pemuda seperti ini, kita terus dorong, selalu mendukung secara penuh kegiatan seperti ini. Saya berterima kasih dan memberikan apresiasi, dan juga roh-roh sumpah pemuda, malam ini anak tanjung roh itu telah melekat kepada diri mereka. Semoga kegiatan ini bermanfaat dan sukses serta berkelanjutan,” ucapnya.

Dadi berharap, dalam momentum sumpah pemuda kali ini, berhubungan dengan adanya pesta demokrasi Pilkada Butur. Berkaitan dengan hal itu, maka sudah menjadi tanggung jawab bersama untuk menjaga persatuan pemuda.

“Kita sebagai pemuda, ikut serta memberikan edukasi politik yang baik kepada masyarakat, guna terciptanya pilkada damai hingga lahir pemimpin daerah yg merupakan pilihan serta keinginan masyarakat,” harap Dadi.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...