Peringatan Tertulis Bawaslu Butur Soal Protokol Kesehatan Tak Mempan

196
 

Buranga, Inilahsultra.com – Peringatan tertulis Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Buton Utara (Butur) kepada seluruh pasangan calon bupati dan wakil bupati soal penerapan protokol kesehatan Covid-19 tak mempan.

Pasalnya, pelibatan massa dalam jumlah banyak pada kegiatan pasangan calon masih terjadi. Hal itu terlihat dari penjemputan pasangan calon dengan melibatkan massa yang banyak tanpa penerapan protokol kesehatan.

- Advertisement -

Ketua Bawaslu Butur Hazamuddin mengatakan, agak rumit memberikan peringatan tertulis kepada pasangan calon dalam konteks penjemputan tersebut. Sekalipun penjemputan itu melibatkan massa yang cukup banyak.

“Penjemputan (Pasangan calon) itu bukan kegiatan kampanye. Tidak masuk dalam tahapan,” kata Hazamuddin di kediamannya, Selasa 3 November 2020.

Meski begitu, Hazamuddin mengaku, Bawaslu tetap melakukan pengawasan setiap penjemputan pasangan calon. Hal itu berkaitan dengan penerapan protokol kesehatan.

Hazamuddin juga menampik jika peringatan tertulis yang diberikan Bawaslu Butur selama ini tidak mempan.

Hal itu terbukti dengan tidak membutuhkan waktu lama setelah pemberian peringatan tertulis, pasangan calon langsung menyesuaikan.

“Soal mempan tidak mempan, kita diberi waktu 1 jam. Tapi biasanya pasangan calon langsung menyesuaikan,” tandasnya.

Hazamuddin menjelaskan, dalam pengawasan penerapan protokol kesehatan Covid-19, sebenarnya bukan hanya tugas Bawaslu. Pengawasan itu juga melekat pada TNI, Polri, Polisi Pamong Praja, dan Satgas Covid-19.

Pasalnya, Bawaslu hanya bisa melakukan pengawasan penerapan protokol kesehatan yang berkaitan dengan tahapan Pilkada.

Sehingga, lanjut dia, dalam waktu dekat Bawaslu akan melakukan koordinasi dengan Polri, TNI, Polisi Pamong Praja, dan Satgas Covid-19.

“Dalam waktu dekat kita akan lakukan pertemuan itu. Kalau tidak ada perubahan dari apa yang terjadi selama ini, kita akan berikan teguran yang lebih tegas,” tandasnya. (ADS)

Editor: Din

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibuwajibpakaimasker
#ingatpesanibuwajibjagajarak
#ingatpesanibuwajibcucitangan
#wajibpakaimasker
#wajibjagajarak
#wajibjagajarakhindarikerumunan
#wajibcucitangan
#wajibcucitangandengansabun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...