DPKP Konkep Gelar Seminar Pendataan Data Perumahan dengan Patuhi Prokes

230
 

Konkep, Inilahsultra.com – Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), gelar seminar akhir kegiatan penyusunan dokumen pemuktahiran data perumahan kecamatan Wawonii Barat dengan mematuhi protokol kesehatan (Prokes) pencegahan Covid-19, Rabu, 4 November 2020.

Kegiatan tersebut dihadiri Camat Wawonii Barat dan beberapa kepala desa di Wawonii Barat yang mendapat alokasi bantuan perumahan.

- Advertisement -

Saat dikonfirmasi di ruangannya, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Konkep, Danyal mengungkapkan, kegiatan tersebut bertujuan untuk melakukan penentuan status rumah layak huni dan rumah tidak layak huni.

“Termaksud semacam fasilitas listriknya dan yang tidak punya listrik, itu semua kan bagian dari dokumen bantuan rumah layak huni dan tidak layak huni,” jelasnya.

“Jadi rumah yang tidak layak huni itulah yang diberikan bantuan bedah rumah itu,” tambahnya.

Selain penentuan rumah layak huni dan tidak layak huni, terang Danyal, ada juga yang namanya Deklok atau rumah tangga menumpang.

“Nanti dia (Deklok), mendapat bantuan bangunan baru, itu yang tidak punya rumah dikasih. Jadi yang tidak punya rumah, itulah yang bisa dapat namanya BB itu atau Bangunan Baru, dan yang punya rumah tidak layak huni, itulah yang diberikan bantuan bedah rumah. Namun semua sama sifatnya swadaya,” jelasnya.

Mantan Kepala Sekolah SMAN 1 Wawonii Barat ini, mengungkapkan bantuan tersebut bukan untuk masyarakat miskin, melainkan bantuan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang mampu berswadaya.

“Untuk bantuan rumah baru, anggarannya Rp 35 juta, Rp 5 juta ongkos tukang selebihnya pembelian bahan. Sedangkan bantuan bedah rumah anggarannya Rp 17,5 juta, Rp 2,5 juta ongkos tukang dan selebihnya pembelian bahan,” tuturnya.

Jenis bantuan perumahan yakni BSPS Reguler, BSPS NHP atau Bank Dunia, BSPS Provinsi, BSPS Strategis dan DAK. (ADS)

Reporter : Sadaruddin

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibuwajibpakaimasker
#ingatpesanibuwajibjagajarak
#ingatpesanibuwajibcucitangan
#wajibpakaimasker
#wajibjagajarak
#wajibjagajarakhindarikerumunan
#wajibcucitangan
#wajibcucitangandengansabun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...