Ritual Adat Ma’acia di Lapandewa Busel Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Bupati Busel H La Ode Arusani saat menghadiri pesta adat ma'acia di Desa Lapandewa Kaindea Kecamatan Lapandewa Kabupaten Busel, Kamis 5 November 2020.
Bacakan

Batauga, Inilahsultra.com – Masyarakat Desa Lapandewa Kaindea Kecamatan Lapandewa Kabupaten Buton Selatan (Busel) menggelar pesta adat ritual Ma’acia Sampuano Galampa, Kamis 5 November 2020.

Puncak ritual adat Ma’acia Sampuano Galampa ini dihadiri langsung Bupati Busel H La Ode Arusani di dampingi pejabat Pemkab Busel lainnya.

Prosesi ritual adat ini mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19. Protokol kesehatan ini bisa dilihat pada pengunjung yang hadir, dimana mereka menggunakan masker.

Bupati Busel H La Ode Arusani saat menghadiri ritual ini mengatakan, pemerintah daerah serius memperhatikan segala usulan bantuan untuk masyarakat.

“Tahun ini banyak program yang digeser karena Covid-19. Tapi semua usulan masyarakat akan diperjuangkan pada 2021,” ujarnya.

Salah satu tokoh masyarakat La Ucu menuturkan, dalam setahun maayarakat Desa Lapandewa Kaindea melaksanakan ritual adat tiga kali.

Pertama acara adat Kandelia, kemudian acara Bacua, dan ketiga Ma’acia Sampuano Galampa.

“Ritual adat ini secara garis besar adalah ritual syukur kepada pencipta dan merekatkan tali silaturahim antar sesama insan manusia,” tandas La Ucu. (ADS)

Reporter: Muhammad Yasir

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibuwajibpakaimasker
#ingatpesanibuwajibjagajarak
#ingatpesanibuwajibcucitangan
#wajibpakaimasker
#wajibjagajarak
#wajibjagajarakhindarikerumunan
#wajibcucitangan
#wajibcucitangandengansabun

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry