UHO Gelar Workshop di MAN 1 Kendari Maksimalkan Pembelajaran Online di Tengah Pandemi

262
 

Kendari, Inilahsultra.com Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari melalui Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) menggelar workshop online di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kendari untuk memaksimalkan pembelajaran online di tengah pandemi COVID-19.

Tim PKM ini terdiri dari Muh Alim Marhadi selaku penanggung jawab program. Kemudian, Maysara, La Rudi, Murni Sabilu, Fatahu, dan Ahmad Syaifullah (mahasiswa Pendidikan Kimia) selaku anggota.

- Advertisement -

Penanggung Jawab Program Muh Alim Marhadi menyatakan, workshop online ini terkait pemanfaatan Microsoft Office 365 bagi tenaga pendidik di MAN 1 Kendari untuk memaksimalkan pembelajaran online dalam mewujudkan 21 st Century Learning.

Ia menyebut, peserta kegiatan ini adalah guru di MAN 1 Kendari sebanyak 30 orang. Mereka diajarkan bagaimana mengoperasikan Microsoft Office 365 yang saat ini sering digunakan dalam pembelajaran online.

“Kegiatan ini dilakukan selama empat kali kepada guru-guru hingga mahir menggunakan program Microsoft Office 365 ini,” kata Alim Marhadi, Senin 9 November 2020.

Alim Marhadi menyebut, salah satu tantangan guru menyampaikan materi pembelajaran di tengah pandemi adalah minimnya pengetahuan tentang aplikasi apa saja yang baik digunakan. Menurut dia, Microsoft Office 365 ini memiliki keunggulan hingga bisa menyertakan puluhan ribu partisipan atau peserta dalam satu pembelajaran online.

Ia melanjutkan, awalnya workshop ini digelar online. Namun, karena dianggap tidak maksimal, maka langsung dilakukan pendampingan.

“Ini dalam hal peningkatan kapasitas guru di MAN 1 Kendari. Dari 30 peserta yang kami rekrut hampir seluruhnya sudah mengirim produk (karya) di mata pelajaran masing-masing,” kata Dosen Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UHO Kendari ini.

Menurutnya, materi tentang pemanfaatan Microsoft Office 365 bisa lebih mudah diajarkan oleh guru di tengah pembelajaran online. Ke depan juga, lanjut dia, pembelajaran akan terus mengalami perkembangan secara teknologi.

“Kemudian, pembelajaran juga bisa diakses oleh siswa dan membuatnya semenarik mungkin. Hal ini akan meningkatkan animo siswa untuk belajar,” imbuhnya.

Salah satu guru MAN 1 Kendari Zul Rahmat menyatakan, pelatihan ini sangat membantu guru dalam mengoperasikan Microsoft Office. Selama ini, lanjut dia, guru sudah menggunakan aplikasi ini namun belum maksimal.

“Sangat membantu menguatkan kembali ingatan kami dalam menggunakan Microsoft Office 365 ini. Aplikasi ini bisa diikuti sampai 20 ribu peserta. Kami berterimakasih kepada UHO Kendari yang mau memberikan pelatihan seperti ini,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala MAN 1 Kendari La Tangkalalo menyebut, setelah dilakukan pelatihan ini, guru di sekolahnya sudah bisa mengaplikasikan penggunaan Microsoft Office 365 ini.

Mau tidak mau, guru harus mengetahui teknologi untuk menunjang pembelajaran daring di tengah pandemi ini,” jelasnya.

Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Madrasah (Penma) Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sultra Muh Saleh menyebut, di Sultra terdapat 740 madrasah.

Ia menyebut, covid ini turut menghambat proses pembelajaran. Namun, ia meminta agar pandemi ini tidak melunturkan semangat guru dan tenaga kependidikan memberikan pembelajaran kepada siswa.

Ia juga menyebut, workshop yang digelar UHO ini penting menjadi faktor pendukung dan penunjang dalam mensukseskan program pembelajaran secara online yang dicanangkan Kementerian Agama.

“Kita tidak pernah berkhayal, di tahun lalu masih pembelajaran tatap muka. Namun kebiasaan itu ditiadakan lagi (karena covid). Kita berharap setelah ini corona ini pulang, tidak ada klaster corona di madrasah,” jelasnya.

Ia melanjutkan, pembelajaran daring banyak kekurangan. Namun, mau tidak mau, itu yang harus dilakukan. Untuk itu, dalam menutupi kekurangan pembelajaran daring, perlunya peningkatan pengetahuan terhadap penggunaan aplikasi.

“Workhsop ini sebagai upaya untuk tetap mencerdaskan anak bangsa dalam pembelajaran di tengah pandemi. Guru diharapkan bisa lebih maksimal memberikan pembelajaran dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring),” pungkasnya.

Terhadap program UHO ini, Saleh memberikan apresiasi karena kampus hijau turut memberikan perhatian terhadap pengembangan kapasitas guru di madrasah.

“Apresiasi kami kepada tim UHO Kendari yang turut memberikan perhatian dan melatih guru-guru kami dalam hal meningkatkan pelajaran online,” pungkasnya.

Solusi.com menyebut, Office 365 merupakan paket layanan berbasis cloud dari Microsoft. Memiliki bermacam aplikasi dengan fitur-fitur canggih, Office 365 hadir dengan membawa berbagai manfaat untuk kelancaran bisnis dan pekerjaan.

Manfaat memiliki Office 365, karena layanan ini bisa dipasang di berbagai perangkat yang dimiliki, mulai dari PC, Mac, iPhone, iPad, hingga tablet dan ponsel berbasis Android. Di mana pun berada, produktivitas tetap terjaga.

Office 365 tidak hanya menawarkan fasilitas penunjang untuk memaksimalkan kinerja di mana saja, layanan ini juga membuat terhubung dengan semua pihak dengan lebih mudah. Bisa menggunakan aplikasi OneDrive sebagai tempat penyimpanan online. Aplikasi ini memudahkan dan tim dalam menyimpan maupun mengakses file setiap saat.

Kerja bersama tim pun akan lebih maksimal dengan bantuan Office 365. Tidak perlu bertatap muka, karena tetap bisa terkoneksi dan tersinkron dengan tim. Melalui aplikasi Sharepoint, bisa bertukar informasi dan membuat perubahan pada pekerjaan kapan saja.

Melakukan meeting secara online? Tidak masalah, karena Office 365 juga memiliki fitur Sype dan Lync. Kedua fitur ini memungkinkan Anda untuk berbagi layar dengan tim lain di lokasi yang berbeda. Jadi, Anda tidak perlu lagi datang ke kantor hanya untuk menghadiri rapat kerja. Layanan ini juga memudahkan Anda untuk melakukan panggilan video maupun audio dengan kolega atau klien di mana pun dan kapan pun.

Office 365 juga menawarkan pembaharuan terkini untuk semua aplikasi cukup hanya dengan berlangganan bulanan. Berbeda dengan versi terdahulu, pembaharuan ini tentu memiliki beragam feature yang lebih mumpuni. Pembaharuan aplikasi ini pun akan Anda dapatkan setiap saat.

Penutupan workshop ini digelar dengan tetap mempertahankan protokol kesehatan. Seluruh peserta wajib menggunakan masker, jaga jarak dan mencuci tangan.

Penulis : Acung

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...