OJK Serahkan Bantuan Rp200 Juta untuk Rumah Sakit PMI Sultra

109
 

Kendari, Inilahsultra.com – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menyerahkan bantuan uang tunai sebesar Rp200 juta untuk pembangunan (renovasi) Rumah Sakit (RS) Palang Merah Indonesia (PMI) Sultra di Kendari.

Secara simbolis bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala OJK Sultra Mohammad Fredly Nasution kepada Ketua Pengurus PMI Sultra Abdurrahman Shaleh didampingi Ketua Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan (FKIJK) Provinsi Sultra Edy Muthalib, Senin 16 November 2020.

- Advertisement -

Abdurrahman Shaleh mengatakan, dengan bantuan dari OJK Sultra dapat memberikan harapan bagi PMI dalam mendistribusikan penanganan darah maupun bantuan bencana.

OJK Sultra telah menunjukan dedikasinya dengan memberikan rasa kemanusiaan kepada masyarakat Sultra melalui PMI. Diharapkan jal ini menjadi awal yang baik dan berterima kasih kepada Kepala OJK Sultra beserta jajarannya yang mempercayakan bantuan kepada PMII.

“Bantuan dari OJK Sultra ini akan digunakan dengan sebaik-baiknya untuk kemaslahatan dan pemanfaatan fasilitas sarana dan prasarana yang ada di Kantor PMI Sultra. Bantuan ini akan dipertanggungjawabkan secara transparansi dan akuntabel sehingga pelaporannya jelas, sehingga ini bisa menjadi ukuran kepada siapa pun lembaga yang memberikan bantuan di PMI Sultra,” ungkapnya.

Ketua DPRD Sultra ini mengaku, PMI Sultra saat ini masih membutuhkan beberapa bantuan sarana dan prasarana untuk melengkapi kekurangan fasilitas.

“Peralatan dan sarana prasarana di PMI kalau kita mengikuti aturan dan ketentuan yang ada cukup mahal. Tapi kita tidak bisa melangkah seribu kalau kita tidak diawali dari langkah pertama. Langkah pertama inilah yang dilakukan oleh OJK, semoga yang lain terlibat berpartisipasi untuk kemajuan dan kesuksesan PMI di Sultra,” ucapnya.

Sementara itu, Moh Fredly Nasution menjelaskan, bantuan itu bersumber dari OJK dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) OJK ke-9 Tahun tanggal 22 November 2020.

Selain itu, hal ini juga sebagai bentuk sumbangsih OJK mendukung program pemerintah daerah menghadirkan layanan kesehatan memadai bagi masyarakat di tengah pandemi Covid-19 dan peningkatan pembangunan infrastruktur di daerah.

“Bantuan yang kita serahkan diharapkan mampu meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat Sultra. Tentunya kita mengharapkan kiprah PMI semakin dirasakan oleh masyarakat,” ujarnya usai menyerahkan bantuan di Kantor PMI Sultra.

Sebelumnya, Sekretaris PMI Sultra Sahrun Gaus menambahkan, bahwa Rumah Sakit PMI Sultra berdiri sejak tahun 1968 dan mulai mengalami pasang surut tahun 2007 hingga 2008 hingga akhirnya berhenti beroperasi tahun 2018 karena terjadi permasalahan internal dalam manajemen kepengurusan rumah sakit.

Menurutnya, Ruman Sakit PMI Sultra merupakan salah satu rumah sakit yang menjadi rujukan warga Kota Kendari dan sekitarnya. Terutama bagi pasien bersalin.

“Mereka lebih yakin di Rumah Sakit PMI karena tidak takut kehabisan darah, karena kita punya stok darah,” ujarnya.

Selain untuk dukungan pembangunan Rumah Sakit PMI Sultra melalui dana CSR maupun investasi FKIJK, hal lain yang diharapkan adalah FKIJK dapat menjadi mitra PMI Sultra dalam pemenuhan kebutuhan kantong darah. Artinya, dalam setiap kegiatan yang digelar FKIJK harus ada donor darah.

Sahrun menyebutkan, saat ini produksi kantong darah di PMI Sultra mencapai 1.200 kantong per bulan. Namun, selama pandemi Covid-19 hanya berkisar 700-800 kantong perbulan.

Penulis : Haerun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...