Pemkab Mubar Gratiskan Rapid Test Bagi Warga yang ke Luar Daerah

Salah satu warga yang rapid test gratis di Puskesmas Mubar.
Bacakan

Laworo, Inilahsultra.com – untuk mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19, Pemerintah Kabupaten Muna Barat (Mubar) terus memberikan edukasi ke masyarakat terkait pentingnya disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

Apalagi melihat di Sultra, pasien positif Covid-19 tidak diketahui sumber penularannya. Sehingga langkah pemerintah daerah Mubar selalu mencegah dan mengantisipasi penyebaran virus tersebut dengan maksimal. Dari kasus yang terpapar positif dan reaktif sampai saat ini sudah sembuh dan dinyatakan nol kasus.

-Advertisement-

Apalagi melihat tidak sedikitnya warga Mubar yang keluar daerah ataupun yang masuk dari daerah lain, sehingga sangat rentan masuknya virus kalau hal itu tidak diantisipasi. Salah satu langka Pemda Mubar bagi warga yang ke luar masuk menyiapkan rapid test gratis.

Kepala Dinkes Mubar, LM Ishar Masial mengatakan, untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona, pihaknya menggratiskan rapid test bagi warga Mubar yang ingin ke luar daerah. Hal itu dilakukan agar ketika hasil reaktif, maka Pemda Mubar akan melakukan langkah-langkah cepat untuk mengantisipasi penyebelarannya

“Bagi masyarakat yang ingin ke luar daerah, kita sudah siapkan kurang lebih sebanyak 3000 pcs dan sudah disebar di 15 puskesmas dan itu tanpa pungut biaya. Silahkan ke puskesmas terdekat saja,” kata Ishar saat ditemui di ruangannya, Rabu, 18 November 2020.

Terkait pelayanan di puskesmas dan RSUD, pihaknya telah menyiapkan tenaga medis analis yang bertugas untuk melakukan rapid test.

Menurutnya, selama ini banyak masyarakat mengeluhkan terkait pembayaran untuk melakukan rapit test ketika bepergian atau keluar daerah. Sehingga melalui kebijakan Pemda Mubar, untuk Rapid test digratiskan. Langkah itu juga akan memutuskan mata rantai Covid-19.

Selain itu juga, sejauh ini, Pemda Mubar sudah melakukan sosialisasi dan edukasi ke masyarakat tentang disiplin untuk mematuhi protokol kesehatan Covid-19 dan penerapan 3M.

“Kita berharap masyarakat juga sadar untuk disiplin dengan mematuhi protokol kesehatan dan selalu menerapkan 3M dalam kehidupan sehari-hari,” ucapnya. (ADS)

Reporter : Muh Nur Alim

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibuwajibpakaimasker
#ingatpesanibuwajibjagajarak
#ingatpesanibuwajibcucitangan
#wajibpakaimasker
#wajibjagajarak
#wajibjagajarakhindarikerumunan
#wajibcucitangan
#wajibcucitangandengansabun

Facebook Comments