Realisasi Pengaspalan Jalan Provinsi Lamban, Warga Konsel Keluhkan Debu

426
 

Konsel- Inilahsultra.com Sejak beberapa bulan lalu, Jalan Poros yang menghubungkan Kendari-Konawe Selatan (Konsel)-Konawe hingga Kolaka Timur mulai dibenahi untuk segera dilakukan pengaspalan.

Jalan provinsi yang diperbaiki itu tepatnya  berada di Desa Endanga hingga Amotowo Kecamatan Landono, Konsel.

- Advertisement -

Namun, sayangnya jalan mulus yang diidamkan itu tidak tidak didapatkan begitu saja, lantaran jalur tersebut pekerjaannya baru sebatas penimbunan jalan berlubang dengan menggunakan sirtu.

Akibat lambatnya realisasi pengaspalan, sejumlah warga yang tinggal di sepanjang ruas jalan tersebut mengeluhkan debu yang bertebaran dalam skala mengkhawatirkan.

Salah seorang warga yang tinggal di sekitaran ruas jalan itu, Sitti Rabasia saat ditemui di kediamannya, kemarin mengaku, mengalami susah bernafas karena adanya debu.

“Dengan adanya debu ini, otomatis sangat buruk bagi kesehatan kami. Bernafas saja susah,” katanya.

Bukan hanya itu, kondisi yang berdebu itu berpengaruh pada kondisi ekonominya. Sebab, ujar dia semenjak beberapa bulan ini penghasilannya menurun, karena para pembeli berpikir dua kali jika singgah di kiosnya yang berada di tepi jalanan berdebu.

Senada dengan warga, Kepala Desa Endanga, Basran L mengatakan, bahwa jalanan yang sudah ditimbun justru dapat menimbulkan penyakit pada masyarakat di sekitaran jalan.

“Kalau begini terus jalanan, tidak lama kita akan palang. Apa lagi jalanan ini sangat meresahkan warga terutama debunya ini banyak sekali, dan jelas bisa menimbulkan penyakit terutama sesak nafas. Bukan mi corona sekarang tapi makan debu,” kesalnya.

Olehnya itu, dirinya berharap agar pihak provinsi ada perhatiannya dan segera melakukan pengaspalan, sehingga masyarakat dapat hidup tenang tanpa adanya debu dan bebas dari penyakit.

Reporter : Iqra Yudha

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...