Atasi Banjir Kendari, Kolam Retensi Rampung Desember 2020

1166
 

Kendari, Inilahsultra.com – Pemerintah kota (Pemkot) Kendari tengah membangun kolam retensi untuk mengantisipasi dan mengendalikan banjir dalam menghadapi musim hujan.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan, pencegahan bencana banjir jangka panjang, pemerintah kota
bersama Komisi V DPR RI telah hampir merampungkan kolam retensi pengendali banjir yang berada di Jalan Boulevard Kecamatan Baruga.

- Advertisement -

“Alhamdulillah, kolam retensi
sudah hampir rampung. Nanti kita akan resmikan bersama Komisi V DPR RI pada Desember 2020 mendatang,” kata Sulkarnain, Jumat 20 November 2020.

Orang nomor satu di Kota Kendari ini mengatakan, Komisi V DPR RI, melalui Wakil Ketua Ridwan Bae, yang bakal melanjutkan program tersebut di pada 2021 mendatang.

“Kita sudah komunikasikan dan kita akan tambah lagi satu kolam pengendali banjir di wilayah Nanga-Nanga luasnya sekitar empat hektare,” jelasnya.

Kegunaan kolam retensi, Sulkarnain menjelaskan, untuk menggantikan fungsi lahan resapan yang sudah tidak bisa lagi berfungsi dengan maksimal, karena lahan resapan yang tertutup, lahan resapan yang berubah fungsi menjadi kawasan perumahan dan perkantoran serta beberapa penyebab lainnya.

Tak hanya itu, lanjut dia, kolam retensi dapat menampung volume air ketika debit maksimum di sungai datang, kemudian secara perlahan-lahan mengalirkannya ketika debit di sungai sudah kembali normal.

“Secara spesifik kolam retensi akan memangkas besarnya puncak banjir yang ada di sungai, sehingga potensi over topping yang mengakibatkan kegagalan tanggul dan luapan sungai tereduksi,” tutupnya.

Penulis : Haerun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...