Bawaslu Konkep Gelar Sosialisasi Penanganan Pelanggaran dengan Terapkan Prokes

370
 

Konkep, Inilahsultra.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) gelar sosialisasi tata cara penanganan pelanggaran pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, berdasarkan ketentuan Perbawaslu nomor 8 tahun 2020.

Kegiatan yang berlangsung di Balai Desa LamoLuo Kecamatan Wawonii Barat tersebut, Selasa 24  dihadiri November 2020 oleh Panwascam se-Konkep, Liaison Officer (LO) atau tim kampanye dari masing-masing pasangan calon dan organisasi pemantau pemilu kabupaten lainnya.

- Advertisement -

Saat diwawancara usai kegiatan tersebut, Komisioner Bawaslu Konkep, Nur Rahmat mengatakan, tujuan dari pelaksanaan sosialisasi tersebut yakni sebagai sarana penyebarluasan informasi yang berkaitan dengan tata cara penanganan pelanggaran pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Konawe Kepulauan.

Sebagai refrensi yang harus di pedomani, oleh semua pemangku kepentingan dalam pilkada dalam rangka menyangkut hak dan kewajiban mereka.

“Apakah sebagai hak pelapor dan hak Bawaslu secara formal dalam rangka melakukan penanganan pelanggaran Pilkada tahun 2020,” jelas Nur Rahmat. Selasa, 24 November 2020.

“Itu yang menjadi dasar kami untuk menyelenggarakan kegiatan sosialisasi Perbawaslu nomor 8 tahun 2020,” lanjutnya.

Kata Nur Rahmat, strategi pengawasan tidak hanya menggunakan kewenangan dalam aspek Uratif pada aspek penindakan saja, tetapi aspek preventif juga ini yang menjadi strategi pengawasan bawaslu.

“Pada aspek pencegahan juga penting untuk kita lakukan dalam rangka meminimalisasi terjadinya dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh pihak-pihak yang diatur dalam ketentuan perundangan, khususnya undang-undang Pemilukada,” tuturnya.

Ia juga berharap dengan diselenggarakannya sosialisasi peraturan bawaslu nomor 8 tahun 2020 ini, para pihak pemangku kepentingan pada Pilkada ini menjadi landasan ataupun referensi yang harus mereka pegang teguh dan pedomani.

“Sebagai bagian dari upaya untuk menjaga hak mereka dan kewajiban kami sebagai Bawaslu dalam penegakan hukum pemilihan ini di Pilkada,” tutupnya.

Dalam pantauan Inilahsultra.com, kegiatan sosialisasi tersebut diselenggarakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku. (ADS)

Reporter : Sadaruddin

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibuwajibpakaimasker
#ingatpesanibuwajibjagajarak
#ingatpesanibuwajibcucitangan
#wajibpakaimasker
#wajibjagajarak
#wajibjagajarakhindarikerumunan
#wajibcucitangan
#wajibcucitangandengansabun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...