Jelang Pilkada, Disdukcapil Konkep Dipadati Masyarakat Melakukan Perekaman E-KTP

417
 

Konkep, Inilahsultra.com – Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) tahun 2020, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), dipadati masyarakat yang akan melakukan perekaman E-KTP.

Dalam pantauan Inilahsultra.com, puluhan masyarakat memadati Kantor Disdukcapil Konkep guna melakukan perekaman E-KTP.

- Advertisement -

Saat di konfirmasi, Kepala Disdukcapil Konkep, Muhulidi mengatakan, target yang harus memiliki KTP se-Konkep itu ialah 25.061 orang. Sampai pada tanggal 20 November 2020 itu, pihaknya sudah melakukan perekaman sebanyak 24.488 orang atau sekitar 97,71 persen yang dicapai.

“Kemarin saja itu yang melakukan perekaman sebanyak kurang lebih 104 orang,” tuturnya, Selasa 24 November 2020.

Ia juga mengungkapkan, masyarakat yang memadati Kantor Disdukcapil sejak kemarin, mayoritas dari calon pemilih pemula yang umurnya sekitar 17 atau 19 tahun.

Selain itu, pihaknya juga menyurat ke tiap-tiap desa dan kelurahan untuk di indetifikasi masyarakatnya yang belum memiliki E-KTP, agar segera melakukan perekaman.

“Pertama silahkan arahkan ke Dukcapil untuk melakukan perekaman dan bagi desa-desa yang jauh dan orangnya banyak, kami yang akan turun langsung untuk melakukan perekaman guna mempercepat proses ini,” jelasnya.

Ditanya soal banyaknya yang melakukan perekaman menjelang Pilkada apakah tidak ada tendensi politik, kata Muhulidi, pihaknya hanya menjalankan kewajiban untuk memberikan pelayanan kependudukan setiap warga negara Indonesia.

“Karena umur 17 tahun itu, kewajiban kami untuk memberi pelayanan dia harus memiliki identitas kependudukan, utamanya KTP. Sedangkan yang dibawah dari 17 tahun itu, bahkan ada kewajiban kami harus memberikan KIA anak itu,” jelasnya.

“Jadi kami tidak ada tendensi apapun, kami hanya menjalankan kewajiban, disamping itu memang kami juga berkewajiban bagi setiap warga negara indonesia yang sudah 17 tahun keatas yang mau memberikan hak pilihnya yang sudah ditetapkan oleh KPU silahkan, jangan sampai jadi hambatan orang tidak melakukan pemilih hanya karna tidak memiliki identitas KTP,” pungkas dia.

Reporter : Sadaruddin

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...