Tiga Kecamatan di Buteng Rawan Bencana Alam

829
 

Labungkari, Inilahsultra.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Buton Tengah (Buteng) mencatat tiga kecamatan berpotensi rawan bencana alam yang sewaktu-waktu terjadi di musim penghujan ini.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Buteng Ilham Ombe mengakui, beberapa kecamatan yang rawan bencana antara lain, Kecamatan Talaga Raya, Kecamatan Mawasangka Desa Terapung, dan Kecamatan Lakudo Kelurahan lakudo serta Kelurahan Gu Timur.

- Advertisement -

“Melihat dari kondisi sebelumnya banjir rob pernah terjadi di Desa Terapung, Lakudo sementara Talaga pernah terjadi puting beliung dan banjir rob,” ungkapnya.

Ilham menjelaskan, bajir rob merupakan banjir air laut atau naiknya permukaan air laut yang di akibatkan air laut yang pasang dan menggenangi daratan. Banjir rob merupakan permasalahan yang terjadi di daerah yang lebih rendah dari muka air laut.

Dalam melakukan pencegahan, saat ini Pemerintah Kabupaten Buteng belum lama ini mendapatkan bantuan hibah sebesar Rp 12 Miliar untuk pembangunan talud.

“Rp 12 Miliar itu di bangunkan talud sepanjang 700 meter terbagi dua yakni di Kelurahan Lakudo sepanjan 500 meter, sementara Kecamatan Gu Timur 200 meter,” terangnya.

Sementara untuk logistik, BPBD Buteng tidak bisa memprediksi apakah logistik yang ada di Kabupaten Buteng bisa mencukupi atau tidak.

“Bencana alam ini kita tidak bisa prediksi yang jelas untuk logistik ada bantuan dari pemerintah provinsi yang baru disalurkan ke kita, jadi kita tidak bisa prediksi logistik mencukupi atau tidak,” terangnya.

Selain itu pula, pencegahan yang dilakukan Pemkab Buteng yakni menyiapkan personil 1×24 jam setiap hari  meski personilnya terbatas.

Reporter: LM Arianto

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...