Dua Puskesmas di Buteng Belum Terakreditasi

315
 

Labungkari, Inilahsultra.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Buton Tengah (Buteng)  mencatat dua Puskesmas belum terakreditasi dari total 14 Puskesmas yang ada.

Kepala Dinkes Kabupaten Buteng Kasman mengatakan, dua Puskesmas yang belum terakreditasi tersebut adalah Puskesmas Wadiabero dan Puskesmas Watorumbebata. Keduanya merupakan Puskesmas.

- Advertisement -

“Puskesmas yang ada di Buteng ini sudah 14. yang sudah terakreditasi sampai sekarang itu sudah 12, dua Puskesmas baru belum terakreditasi,” ungkapnya.

Meski belum terakreditasi, lanjut dia, pihaknya sudah menganggarkan pada tahun 2020 ini untuk tahap awal melakukan akreditasi. Kedua Puskesmas tersebut kini tinggal menunggu survei dari Kementerian Kesehatan.

Namun Kementerian Kesehatan belum lama ini mengeluarkan surat edaran bahwa tidak ada survei pada tahun 2020 ini.

“Jadi kita menunggu survei berikutnya. Andai jadi ini sudah selesai karena tahapannya sudah dilewati. sampai dengan provinsi praakreditasi sudah selesai,” jelasnya.

Kasman menanbahkan, pada tahun 2020 ini sebenarnya ada juga tiga Puskesmas yang didorong untuk melakukan reakreditasi kedua. Yakni, Puskesmas Sangia Wambulu, Puskesmas Kanapanapa dan Puskesmas Mawasangka.

“Selain dua puskesmas yang kita dorong untuk akreditasi, ada juga tiga Puskesmas kita usulkan untuk reakreditasi selanjutnya. Reakreditasi dilakukan secara berkala yaitu tiga tahun akan dievaluasi kembali,” paparnya.

“Kita berharap kalau tiga tahun kemarin dasar bisa naik ke madya, yang madya bisa ke utama. ada progersnya, sehingga nanti dari tahun ke tahun fasilitas kesehatan akan terstandariisasi semua,” tambahnya.

Kasman berharap, sebelum dilakukan akreditasi maupun reakteditasi Puskesmas, seluruh fasilitas penunjang baik pelayanan maupun infrastruktur sudah mulai dibenahi. Baik penambahan ruangan, pembuatan pagar keliling hingga pengadaan alat kesehatan setiap Puskesmas sudah disediakan.

Reporter: LM Arianto

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...