APBD Baubau 2021 Diketuk, Belanja Daerah Capai Rp 1 Triliun

681
 

Baubau, Inilahsultra.com ā€“ Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Baubau 2021 resmi ditetapkan melalui rapat paripurna di Gedung DPRD Baubau, Senin 30 November 2020.

Dalam postur APBD itu, Pendapatan Daerah tercatat sebesar Rp 869 Miliar. Sedangkan Belanja Daerah sebesar Rp 1,090 triliun.

- Advertisement -

Wali Kota Baubau AS Tamrin menuturkan, APBD 2021 memiliki arti yang sangat penting karena merupakan penjabaran tahun ketiga perencanaan pemerintahan, sebagaimana tertuang didalam dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Baubau tahun 2018-2023.

Untuk mencapai visi tersebut, lanjut dia, dilakukan secara bertahap sesuai dengan periode masa bakti pimpinan daerah yang menginginkan agar Kota Baubau maju dalam berbagai dimensi pembangunan. Sehingga berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

ā€œPemerintah bertekad dan selalu berupaya mewujudkan pengelolaan keuangan yang lebih sehat, efektif dan berkelanjutan sehingga menjadi dasar kestabilan ekonomi dan mengoptimalisasi alokasi anggaran pada semua sektor pembangunan agar benar-benar efektif serta mendorong pertumbuhan ekonomi sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Baubau,ā€ lanjutnya.

Untuk diketahui, porsi terbesar dari pendapatan daerah Kota Baubau masih berasal dari pendapatan transfer pusat yang besarannya 82,14 persen dari total pendapatan. Sedangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) baru memberikan kontribusi sekira 15,26 persen, dan lain-lain pendapatan yang sah sebesar 2,60 persen.

Reporter: Muhammad Yasir

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...