Amankan Pilkada Serentak 2020, Polda Sultra Kerahkan Ribuan Personel

363
 

Kendari, inilahsultra.com Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 tinggal menghitung hari. Sulawesi Tenggara (Sultra) ada 7 kabupaten/kota yang akan menggelar pesta demokrasi pada 9 Desember 2020. Segala kesiapan sudah dilakukan semaksimal mungkin, agar proses jalannya Pilkada berjalan aman dan kondusif.

Hari ini, Selasa, 1 Desember 2020 sore, Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar Apel Kesiapan Pengamanan Pilkada Tahap Pemungutan Suara di Aula Dachara Polda Sultra.

- Advertisement -

Kabid Humas Polda Sultra, Kombes Pol Ferry Walintukan mengatakan, jumlah personel yang akan disiapkan untuk melakukan pengamanan Pilkada 2020 sebanyak 2.108 orang. Ribuan personel itu akan ditempatkan di 7 kabupaten/kota.

“Kami juga mendapat BKO dari Brimob Nusantara sebanyak 400 personel. Mereka akan ditempatkan di Kabupaten Muna, Buton Utara dan Konsel,” kata Ferry Walintukan saat ditemui di Polda Sultra.

Berdasarkan data intelijen, sambung Ferry, ada empat daerah menjadi potensi kerawanan. Personel Brimob Nusantara akan ditempatkan di sana. Personel TNI juga sudah menyiapkan pasukannya untuk membantu Polri.

“Tapi kita tidak berpatokan di sana karena kita nanti melihat situasi, kalau ada tempat yang ada kerawanan, maka Brimob Nusantara kita  akan geser ke sana,” ucapnya.

Lebih lanjut Ferry menuturkan, rencana pergeseran personel pengamanan Pilkada dimulai sejak, 2-7 Desember 2020. Termasuk pengaman Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Mereka ditugaskan di daerah yang menggelar Pilkada sampai selesai,” bebernya.

Ferry berharap, masyarakat Sultra dalam pemilihan kepala daerah tetap mengutamakan kebersamaan.

“Walaupun kita beda pilihan, tetap menjaga keamanan dan ketertiban untuk memajukan daerah kita masing-masing,” pungkasnya.

Penulis : Onno

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...