Bawaslu Konkep Gelar Sosialisasi Pemungutan dan Perhitungan Suara di Masa Pandemi Covid-19

205
Suasana sosialisasi pemungutan dan perhitungan suara yang digelar Bawaslu Konkep, Selasa 1 Desember 2020.

Konkep, Inilahsultra.com – Mensukseskan pemilihan kepala daerah (Pilkada), Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) menggelar sosialisasi tahapan pemungutan dan perhitungan suara di masa pandemi Covid-19 pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Konkep tahun 2020, Selasa, 1 Desember 2020.

Kegiatan yang berlangsung di Balai Desa Lamoluo Kecamatan Wawonii Barat itu, dihadiri oleh Panwascam se-Konkep, Liaison Officer (LO) masing-masing pasangan calon dan beberapa organisasi pemantau pemilu kabupaten.

- Advertisement -

Saat diwawancara usai kegiatan, Komisioner Bawaslu Konkep, Nur Rahmat mengungkapkan, tujuan dilakukannya sosialisasi tahapan pemungutan dan perhitungan suara pada masa pandemi Covid-19 ini, untuk menyampaikan kepada para pemangku kepentingan dalam kegiatan penyelenggaraan Pilkada tahun 2020.

“Baik Bawaslu dan jajarannya ke tingkat bawah, kemudian pemerintah daerah yang sudah diwakilkan tadi, kemudian juga ada teman-teman pemantau pemilihan serta teman-teman pers,” katanya.

Selain itu, kegiatan ini dalam rangka proses transformasi informasi tentang tata cara pelaksanaan pemungutan perhitungan suara. Serta, tata cara pengawasan pemungutan perhitungan suara, untuk menjamin terlaksananya pelaksanaan pilkada yang berkualitas, berintegritas dan demokratis.

Nur Rahmat menerangkan, tidak semua beban pemungutan hingga perhitungan ada pada pihak penyelenggara, baik KPU maupun Bawaslu.

“Tetapi juga, kita membutuhkan sinergi secara bersama-sama, baik Bawaslu, KPU kemudian pihak luar yang memiliki kepentingan, dalam hal ini teman-teman pemantau pemilihan, pers, kemudian dari pemerintah daerah untuk sekiranya dapat memberikan informasi guna menyebarluaskan informasi ini, terkait tata cara pemungutan suara yang benar,” jelasnya.

Dalam arti, sambung dia memberikan edukasi kepada pemilih tentang tata cara pelaksanaan pemungutan penghitungan suara di TPS. Sehingga pada akhirnya, misi bersama mampu diwujudkan yakni dapat menjamin kualitas, integritas, demokratisnya proses penyelenggaraan pilkada tahun 2020.

Dalam pantauan Inilahsultra.com, kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. (ADS)

Reporter : Sadaruddin

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibuwajibpakaimasker
#ingatpesanibuwajibjagajarak
#ingatpesanibuwajibcucitangan
#wajibpakaimasker
#wajibjagajarak
#wajibjagajarakhindarikerumunan
#wajibcucitangan
#wajibcucitangandengansabun

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...