Kota Kendari Kini Punya Gedung Isolasi Pasien Covid-19

2019
 

Kendari, Inilahsultra.com – Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir meresmikan gedung isolasi pasien Covid-19 (Covid-19 Center) atau Infection Center (IC) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kendari, Selasa 1 Desember 2020.

“Kita menyambut baik gedung Covid-19 Center. Hadirnya gedung setidaknya bisa mengurangi jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit rujukan. Ini juga sebagai pemisah antara pasien Covid-19 dan yang pasien non Covid-19,” kata Sulkarnain Kadir.

- Advertisement -

Gedung tersebut, dilengkapi dengan fasilitas UGD 24 jam dilengkapi ruang dekontaminasi, Radiologi Dilengkapi Mobile XRay, ruang tindakan medis, ruang pemulasaran jenazah, ICU menampung 6 bed, depo farmasi, 40 bed ruang perawatan, dilengkapi oksigen sentral, exhaust fan, hepafilter dan akses wifi serta laboratorium biomolekuler yang melayani pemeriksaan PCR.

“Saya yakin hadirnya alat PCR akan semakin mempercepat proses penanganan Covid-19 di Kota Kendari. Jika ditemukan masyarakat yang terkonfirmasi positif, maka segera dilakukan perawatan. Sementara bagi mereka yang dinyatakan negatif tentu disarankan untuk meningkatkan kewaspadaan dengan menjaga kestabilan imunitas tubuh,” jelasnya.

“Tentunya kita tidak perlu lagi menunggu hasil laboratorium yang lama seperti sebelumnya. Saat ini kita punya sendiri alatnya (PCR) hanya butuh waktu 1-2 menit untuk kita tahu hasilnya seseorang positif atau negatif Covid-19,” tambahnya.

Orang nomor satu di Kota Kendari ini mengatakan, selain fasilitas yang terbilang lengkap Covid-19 Center dilengkapi dengan pelayanan tim tenaga kesehatan yang terdiri dari dokter spesialis, dokter umum, perawat, radiografer dan tenaga kesehatan.

“Gedung Covid-19 center ini kita siapkan tim tenaga kesehatan untuk menangani pasien yang terpapar Covid-19,” jelasnya.

Mantan Wakil Wali Kota Kendari ini menjelaskan, hal ini juga merupakan upaya pemerintah kota dalam melakukan percepatan penanganan pasien yang terpapar Covid-19 dan menekan angka Covid di Kota Kendari.

“Pemerintah kota terus berupaya memberikan pelayanan kepada masyarakat. Saya minta kepada masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan dengan (3M) mengunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” tutupnya.(ADS).

Penulis : Haerun

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibuwajibpakaimasker
#ingatpesanibuwajibjagajarak
#ingatpesanibuwajibcucitangan
#wajibpakaimasker
#wajibjagajarak
#wajibjagajarakhindarikerumunan
#wajibcucitangan
#wajibcucitangandengansabun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...