Wa Ode Rabia Serahkan Alat Mesin Pertanian ke Petani di Muna

1365
 

Kendari, Inilahsultra.com Anggota DPD RI Dapil Sulawesi Tenggara, Wa Ode Rabia Al Adawia Ridwan, menyerahkan bantuan  Alat Mesin Pertanian (Alsintan) kepada Dinas Pertanian Kabupaten Muna, Sabtu 28 November 2020.

Bantuan yang diberikan yaitu berupa traktor roda dua yang berjumlah 11 unit dan akan diberikan kepada 11 kelompok tani dengan sumber pengadaan berasal dari APBN Pusat.

- Advertisement -

“Bantuan ini dari Kementerian Pertanian RI yang diberikan kepada jelompok tani yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Pertanian melalui Usulan Dinas Pertanian sebagai penerima”, ujar Rabia.

Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis di kebun milik warga yang berlokasi di Desa Bente, Kecamatan Kabawo, Kabupaten Muna.

Dalam penyerahan bantuan tersebut, Anggota Komite II DPD RI ini mengatakan semoga bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) ini bisa bermanfaat bagi para petani

“Bantuan alsintan seperti ini sangat mendukung program intensifikasi usaha tani sebagaimana yang sedang digalakkannya untuk menyukseskan ketahanan pangan nasional”, ucap Rabia.

Kemudian ia berpesan Kepada kelompok tani penerima yang diwakili oleh pengurus masing-masing, agar alat tersebut dijaga, dirawat, dan gunakan sebaik-baiknya untuk kemaslahatan bersama demi peningkatan produksi dan kesejahteraan petani.

“Jangan ada kelompok tani penerima bantuan serupa yang didapati menjual, menyalahgunakan, atau menelantarkan bantuan-bantuan yang telah diberikan ini”, harap Rabia.

Lanjut Rabia mengatakan Alsintan ini ramah buat petani, dan bisa membantu petani dalam melakukan proses pertanian dari hulu sampai hilir.

“Dengan alsintan, proses pertanian akan jauh lebih cepat dan efisien,” tuturnya.

Selanjutnya rabia menjelaskan, alsintan yang diberikan ke poktan bisa membuat proses olah lahan hanya berlangsung beberapa jam saja, dengan satu operator. Biaya produksi pun jauh lebih hemat.

“Akan jauh beda dengan cara konvensional, proses olah lahan bisa berlangsung hingga berjam-jam bahkan berhari-hari dengan membutuhkan banyak tenaga,” jelas Rabia.

Dalam kesempatan itu, Rabia juga menyempatkan untuk melihat lokasi lahan milik petani dan sekaligus mencoba beberapa alsintan bantuan tersebut.

Rabia menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah daerah yang sudah menyambut baik kehadirannya. Juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat karena sudah memberikan bantuan ini lewat dana APBN.

“Bantuannya sudah sama-sama kita lihat, dan diserahkan kepada masing-masing gapoktan secara utuh,” pungkasnya.

Penyerahan bantuan alsintan ini turut dihadiri oleh Kepala Bidang PSP Dinas Pertanian Kabupaten Muna, Pemerintah Kecamatan Kabawo, pemerintah desa, petani dan masyarakat setempat.

Penulis : Iqra Yudha

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...