Survei Fixpoll Tertulis Pemilihan Gubernur, Tapi Datanya untuk Pilkada Muna

3119
 

Kendari, Inilahsultra.com Lembaga Survei Fixpoll Research and Strategic Consulting baru saja merilis hasil surveinya untuk Pilkada Muna.

Dari dua pasangan calon yang bertarung, Fixpoll mengunggulkan pasangan LM Rajiun Tumada-La Pili dibanding pasangan LM Rusman Emba-Bachrun Labuta di Pilkada Muna 2020.

- Advertisement -

Survei Fixpoll di Pilkada Muna dilakukan pada 17 sampai 24 November 2020 dengan jumlah sampel sebanyak 840 dengan menggunakan metode multi stage random sampling. Margin of eror sebanyak 3,5 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Dalam survei Fixpoll ini, pasangan LM Rusman Emba-Bachrun Labuta memperoleh 37,4 persen. Sementara pasangan LM Rajiun Tumada-La Pili memperoleh 46,9 persen. Sementara warga yang tidak menjawab 15,7 persen.

“Artinya ada selisih sembilan persen. Kalau melihat angka selisih 9 persen dengan waktu 15 hari sejak survei, maka otomatis LM Rajiun Tumada-La Pili adalah kandidat paling kuat memenangkan pertarungan pilkada 2020,” jelasnya.

Namun, layar yang ditampilkan itu terlihat kuisioner yang ditanyakan kepada responden terkait pemilihan gubernur dan wakil gubernur.

Menurut Direktur Fixpoll Research and Strategic Consulting Muh Anas hal itu terjadi kesalahan penulisan.

“Ini salah tulis. Bukan gubernur,” kata Anas saat menyampaikan hasil surveinya.

Data survei yang telah dikoreksi lewat PDF. (Istimewa)

Fixpoll juga mengklaim, strong voter pasangan LM Rajiun Tumada-La Pili juga terbilang tinggi sebanyak 39,7 persen. Sementara Rusman-Bachrun hanya 28,5 persen.

“Artinya selisih 11 persen strong voter. Melihat peta elektoral kita potret, paslon nomor 2 sangat punya kans memenangkan pertarungan pilkada,” jelasnya.

Ia menyebut, salah satu faktor yang menyebabkan Rajiun lebih unggul daripada Rusman adalah sekitar 62 persen warga inginkan pergantian bupati. Sementara 38 persen inginkan petahana kembali melanjutkan kepemimpinan di Muna.

“Itu tidak terlepas dari tingkat kepuasan masyarakat Muna yang begitu rendah terhadap kepemimpinan Rusman Emba selama lima tahun terakhir,” jelasnya.

Ia juga menyebut, hasil debat kemarin juga turut berpengaruh terhadap tingginya keterpilihan Rajiun Tumada-La Pili.

Menurut dia, masyarakat menganggap program yang ditawarkan Rajiun jauh lebih baik dibanding pasangan Rusman-Bachrun.

“Ini lah yang mempengaruhi kenapa pasangan nomor dua lebih unggul dari nomor satu,” paparnya.

Tak hanya itu, pembangunan Rajiun Tumada sebagai Bupati Muna Barat jauh lebih konkrit diceritakan di Muna. Sehingga faktor kinerja Rajiun dianggap jauh lebih baik dibanding petahana.

Penulis : Acung

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...