Brigjen Pol Haris Wagono Lepas Pasukan Pengamanan Pilkada Serentak di Sultra

376
 

Kendari, inilahsultra.com – Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Sulawesi Tenggara (Sultra), Brigjen Pol Haris Wagono, melepas pasukan pengamanan Pilkada serentak 2020 ditujuh Kabupaten di Bumi Anoa, Kamis 3 Desember 2020.

Tujuh daerah yang akan melaksanakan Pilkada serentak di Sultra yakni Kabupaten Konawe Kepulauan, Konawe Selatan, Konawe Utara, Kolaka Timur, Muna, Buton Utara dan Wakatobi.

- Advertisement -

Saat ini masih melaksanakan tahapan kampanye Pilkada dan akan berakhir 5 Desember 2020. Kemudian, memasuki tahap tenang 6-8 Desember dan tahap pemungutan suara 9 Desember 2020.

Pergeseran personel BKO Polres jajaran dalam rangka pengamanan tahap pemungutan suara Pilkada serentak. Pergeseran personel diawali dengan apel gelar pasukan di lapangan apel Polda Sultra.

Wakapolda Sultra Waris Agono mengatakan, apel pergeseran pasukan dilaksanakan sebagai wujud kesiapan personel Polda Sultra BKO Polres jajaran dalam rangka pengamanan tahap pemungutan suara serta mengecek kelengkapan sarana prasarana sebelum diterjunkan ke lapangan. Sehingga yang telah dipersiapkan dapat berjalan dengan optimal guna mensukseskan pelaksanaan Pilkada.

“Pergeseran pasukan PAM BKO Polres jajaran sebanyak 2.113 personel,” ucap jenderal bintang satu ini.

Ribuan pasukan itu, sambung Waris terdiri dari pengamanan TPS sebanyak 920 personel, Dalmas Polda 196 personel, Polairud Polda 27 personel, Brimobda Sultra 918 personel, Pamenwas sebanyak 38 personel dan tim Asistensi dan Pamatwil PJU sebanyak 44 personel dan tambahan perkuatan dari Linmas dan TNI.

“Saat ini situasi wilayah hukum Polda Sultra masih dalam keadaan aman dan kondusif. Hal ini merupakan presentasi dari kerja keras dan kesiapan kita atas tanggung jawab dan kepercayaan yang diberikan oleh negara dan seluruh masyarakat Sultra untuk menjamin keamanan, ketertiban dan kelancaran Pilkada,” bebernya.

Guna menjamin rasa nyaman bagi masyarakat Sultra, pihaknya tetap berupaya menjaga stabilitas keamanan dalam rangka pengamanan masa tenang, pemungutan dan perhitungan suara.

“Saya tekankan kepada seluruh personel pengamanan untuk menjaga netralitas Polri dalam pelaksanaan Pilkada dan meminimalisir segala tindakan kontrak produktif yang justru mencederai nilai-nilai demokrasi dan menurunkan citra Polri,” tegasnya.

Penulis : Onno

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...