Jelang Pilkada 9 Desember, Dua Jenderal TNI-Polri Kunjungi Muna

848
 

Kendari, Inilahsultra.com Jelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 para 9 Desember, dua jenderal TNI dan Polri berkunjung di Kabupaten Muna, Kamis 3 Desember 2020.

Dua jenderal yang berkunjung itu adalah Kapolda Sultra Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya dan Komandan Korem (Danrem) 143 Halu Oleo (HLO) Brigjen TNI Jannie Aldrin Siahaan.

- Advertisement -

Dalam kunjungan kerja ini, Kapolda dan Danrem sempat menggelar tatap muka bersama Plt Bupati Muna Abdul Malik Ditu, Ketua KPU Muna Kubais, Ketua Bawaslu Muna Al Abzal Naim, dua pasangan calon, LM Rusman Emba-Bachrun Labuta dan LM Rajiun Tumada-La Pilih.

Rombongan juga sempat mengecek kesiapan logistik KPU yang akan digunakan pada 9 Desember 2020 nanti.

Dalam sambutannya, Kapolda Sultra Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya menyatakan, kunjungan bersama Danrem ini dalam rangka memastikan keamanan jelang penyelenggaraan pemilihan kepala daerah.

Sebab, kata dia, berdasarkan data yang ada, Muna merupakan salah satu daerah rawan tinggi di Pilkada, kemudian disusul Buton Utara.

“Untuk itu, kepolisian bersama TNI melakukan langkah-langkah antisipasi agar proses pemungutan suara 9 Desember nanti berjalan aman, lancar dan damai,” kata Kapolda Sultra.

Ia menyebut, dalam menjaga kondusifitas Pilkada, satu kompi Brimob diturunkan ke Muna.

Selain pasukan khusus korps Bhayangkara itu, pihaknya juga menurunkan ribuan personel untuk mengamankan setiap tempat pemungutan suara (TPS).

Sementara itu, Danrem Halu Oleo Brigjen Pol TNI Jannie Aldrin Siahaan menyebut, Muna merupakan salah satu daerah yang rawan dalam setiap kontestasi politik.

Untuk itu, pihaknya turun menurunkan satu peleton dari 725 Woroagi.

“Indeks kerawanan sangat tinggi di Muna dan Butur. Untuk itu, kami lakukan konsolidasi bersama stakeholder, TNI-Polri, pemerintah daerah, KPU, Bawaslu dan pasangan calon,” katanya.

Ia berharap, pilkada di tujuh daerah di Sultra, tak terkecuali Muna, berlangsung dengan damai.

Ia juga menyerukan agar masyarakat dan pasangan calon menjaga persatuan dan kesatuan di Bumi Sowite yang notabene memiliki hubungan persaudaraan satu sama lain.

Di akhir sambutannya, kedua jenderal itu juga menegaskan bahwa personel TNI dan Polri netral dalam pilkada. Jika ada aparat yang berpihak, maka akan diberikan sanksi tegas.

Di Sultra, ada tujuh daerah yang menggelar pemilihan kepala daerah 2020. Yakni, Muna, Buton Utara, Wakatobi, Konawe Kepulauan, Konawe Selatan, Konawe Utara dan Kolaka Timur.

Penulis : Onno

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...