Pansus Covid Minta Pemkot Kendari Awasi Penyaluran Banpres UKM

274
 

Kendari, Inilahsultra.com – Panitia Khusus (Pansus) Covid-19 DPRD Kota Kendari meminta pemerintah kota turun melakukan pemantauan untuk memastikan penyaluran bantuan presiden (Banpres) UKM sebesar Rp2,4 juta untuk warga agar tepat sasaran.

Ketua Pansus Covid-19, Andi Silolipu mengatakan, penyaluran Banpres diperlukan koordinasi intens antara pemerintah kota, pelaku UKM dan bank penyalur dan harus dilakukan pengawasan agar tepat sasaran.

- Advertisement -

“Kami minta Disdagkop dan UKM Kota Kendari untuk selalu berkordinasi dengan pihak bank untuk mengetahui perkembangan penyalurannya. Kami minta pelaku UKM melapor kalau ada penyaluran Banpres tidak sesuai,” kata Andi Sulolipu, Jumat 4 Desember 2020.

Ketua Komisi II DPRD Kota Kendari ini mengatakan, Pansus Covid-19 akan melibatkan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk penyaluran bantuan di salah satu bank untuk dikonsultasikan di kementerian terkait, agar pengawasan berjalan baik.

“Waktu rapat dengar pendapat (RDP) beberapa waktu lalu, pihak bank yang menjadi penyalur berjanji akan mengusahakan agar banpres dapat di rampungkan pada akhir tahun ini. Pengawasan tidak hanya penyaluran dana bantuan dari pemerintah Kota Kendari, tapi juga dana bantuan yang berasal dari pusat,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Disdagkop dan UKM Kota Kendari, Muhammad Saiful mengaku, saat ini telah membangun komunikasi dengan perbankan penyalur banpres dan memastikan para penerima bansos benar-benar yang terdampak Covid-19 telah melalui verifikasi oleh Inspektorat dan Dinas Koperasi dan UMKM Sultra.

“Tugas kami hanya mengajukan penerima untuk kemudian dilakukan verifikasi oleh pihak terkait termasuk Kementerian. Bantuannya pun langsung dikirimkan ke rekening masing-masing penerima. InsyaAllah penyalurannya berjalan lancar dan tepat sasaran,” kata Saiful.

Untuk diketahui, berdasarkan data Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kota Kendari sebanyak 11.280 pelaku usaha kecil. Daftar online 5.744 UKM, daftar manual 5.536 UKM. (ADS)

Penulis : Haerun

#satgascovid19

#ingatpesanibu

#ingatpesanibuwajibpakaimasker

#ingatpesanibuwajibjagajarak

#ingatpesanibuwajibcucitangan

#wajibpakaimasker

#wajibjagajarak

#wajibjagajarakhindarikerumunan

#wajibcucitangan

#wajibcucitangandengansabun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...