Kekurangan Dokter, Pemkab Buteng Siapkan Gaji Rp 10 Juta

480
 

Labungkari, Inilahsultra.com – Kabupaten Buton Tengah (Buteng) masih kekurangan dokter umum dan dokter gigi untuk di tempatkan di Puskesmas. Sehingga, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buteng menyiapkan gaji sebesar Rp 10 Juta agar ada dokter yang mau bertugas di Puskesmas.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Buteng Kasman mengatakan, ada 14 Puskesmas yang tersebar di tujuh kecamatan masih kekurangan dokter.

- Advertisement -

“Ada beberapa Puskesmas yang masih butuh dokter gigi, seperti di Talaga, Sangia Wambulu, Gu, dan Mawasangka Timur,” ungkap Kasman, Senin 7 Desember 2020.

Menurut dia, gaji dokter di Kabupaten Buteng sangat bervariasi. Ada yang Rp 9 Juta dan Rp 10 Juta setiap bulan.

“Khusus untuk Kecamatan Talaga sebagai daerah kepulauan, honor dokter diberikan Rp 10 juta per bulan. Sedang di daerah daratan Rp 9 juta perbulan,” tuturnya.

Sebenarnya, Kecamatan Talaga sudah ditambah satu dokter umum. Hanya saja masih kekurangan dokter gigi.

“Di Talaga belum lama ini kita sudah tambahkan satu dokter umum, jadi total untuk Kecamatan Talaga sudah dua orang dokter umum, tinggal menunggu dokter gigi belum ada yang mendaftar,” jelasnya.

Beberapa Puskesmas, lanjut dia, sudah memiliki tiga orang dokter. Masing-masing dua dokter umum dan satu dokter gigi yakni, Puskesmas Gu, Puskesmas Mawasangka, dan Puskesmas Mawasangka Tengah.

Sedangkan, yang memiliki satu dokter umum dan satu dokter gigi yakni Puskesmas Wamolo.

“Lainnya rata-rata baru satu dokter. Makanya tenaga dokter ini masih dibutuhkan. Tiap tahun kita buka pendaftaran, sepanjang kebutuhan itu masih kosong. Pak bupati juga berkomitmen untuk memberikan pelayanan kesehatan agar mereka tertarik mengabdi di daerah kita demi pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Reporter: LM Arianto

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...