Quick Count JSI : Haliana-Ilmiati 51,37 dan Arhawi-Hardin 48,63

516
 

Kendari, Inilahsultra.com Jaringan Suara Indonesia (JSI) merilis hasil quick count pada Pilkada Wakatobi, Rabu 9 Desember 2020.

Manager Riset JSI Rudi Riswadi menyebut, quick count yang dilakukan menggunakan metode multi stage random sampling dengan margin eror 1 persen. Dari 274 TPS, mereka mengambil 200 sampel dilakukan quick count.

- Advertisement -

Dari 200 TPS tersebut, pasangan Haliana-Ilmiati Daud memperoleh 51,37 persen. Sementara petahana Arhawi-Hardin Laomo memperoleh 48,63 persen.

Dari lima daerah pemilihan, pasangan Haliana-Ilmiati unggul di tiga dapil. Yakni, Wangi-wangi Selatan, Kaledupa dan Kaledupa Selatan serta dapil Binongko-Togo Binongko.

Sementara pasangan Arhawi-Hardin Laomo menang di dua kecamatan, yakni, Kecamatan Wangi-Wangi dan Kecamatan Tomia dan Tomia Timur.

“Jadi, perolehan suara calon ini sangat ketat dengan keunggulan pasangan Haliana-Ilmiati Daud sebanyak 51,37 persen,” jelasnya.

Ia mengaku, pada akhir November pihaknya sudah melakukan survei dengan responden 440 dan margin eror 4,8 persen. Dari hasil survei itu, persaingan HALO dan HATI sangat ketat.

“Di hari pemilihan kita memprediksi persaingan sangat ketat,” katanya.

Menurut dia, pasangan Haliana-Ilmiati mampu memanfaatkan swing voter secara maksimal. Berdasarkan survei, pasangan Haliana-Ilmiati ini mendapatkan penilaian positif dari responden.

“Sehingga dia bisa ambil keuntungan itu. Sebab, hari terakhir ada 8 persen menyatakan masih rahasia,” tuturnya.

Ia menuturkan, tingkat kesukaan terhadap kedua pasangan calon ini cukup tinggi. Hanya saja, pasangan Haliana-Ilmiati bisa memanfaatkan situasi terakhir.

Hasil quickcount dari JSI ini bukan menjadi hasil final Pilkada Wakatobi. Hasil pemilihan menunggu pengumuman Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Penulis : Iqra

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...