Pilkada Konsel Menyisakan Saling Klaim Suara dan Ewako

637
Survei PPI nyatakan pasangan Surunuddin-Rasyid menang di Pilkada Konsel berdasarkan hasil quick count. (Haerun)

Kendari, Inilahsultra.com – Pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) telah usai dan masyarakat sudah menyalurkan hak pilihnya kepada pasangan calon (Paslon) bupati dan wakil bupati untuk memimpin lima tahun ke depan.

Pilkada Konawe Selatan diikuti tiga pasangan calon yang berebut kursi kepemimpinan yakni, nomor urut 1 Rusmin Abdul Gani-Senawan Silondae (SS), nomor urut 2 Surunuddin Dangga-Rasyid (SUARA) dan nomor urut 3 Muh Endang SA-Wahyu Ade Pratama Imran (Ewako).

- Advertisement -

Terdapat dua paslon saling klaim kemenangan berdasarkan hitung cepat atau quick count dari lembaga survei dan tim paslon. Untuk kepastian pemenang berdasarkan hasil keputusan dan penetapan di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Konsel.

Untuk pasangan Surunuddin Dangga-Rasyid (Suara) berdasarkan hitung cepat dari Parameter Publik Indonesia (PPI) mengalahkan dua paslon lain dengan memperoleh suara 45.09 persen.

Hasil tersebut diraih menggunakan metode multistage random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 210 TPS dari 632 TPS yang ada di Konsel. Dengan angka yang masuk 100 persen.

Sementara Paslon Muh Endang SA-Ade Wahyu Pratama berada di posisi ke dua dengan perolehan suara 42.84 persen. Sedangkan Paslon Rusmin Abdul Gani-Senawan Silondae hanya memperoleh suara 12.07 persen.

“Jarak suara antara Paslon Suara dan Ewako sebesar 3 persen. Jadi pemenang Pilkada di Konawe Selatan berdasarkan versi PPI yaitu pasangan Surunuddin-Rasyid,” kata Direktur PPI Ras MD dalam acara konferensi pers di salah satu Hotel di Kota Kendari, Rabu 9 Desember 2020.

Di sisi lain, Paslon Muh Endang SA-Wahyu Ade Pratama Imran mengklaim menang Pilkada Konsel berdasarkan hitung cepat sementara yang dikumpulkan Paslon nomor 3.

Pada hitung cepat yang dilakukan internal Paslon Ewako menempatkan Muh Endang-Wahyu Ade Pratama menempati posisi pertama dengan perolehan suara 42 persen. Paslon Suara memperoleh suara 39 persen dan paslon Rusmin-Senawan memperoleh suara 19 persen.

Calon Bupati Konsel, Muh Endang mengatakan, berdasarkan form C1 yang dikumpulkan oleh tim di 632 TPS di Konsel, Paslon Endang-Wahyu menang di daerah pemilihan (Dapil) 1 dan 2. Sementara untuk di dapil 3 dan 4 itu belum final form C1-nya.

“Alhamdulillah real count yang kami peroleh milik pribadi pasangan Endang-Wahyu unggul 42 persen. InsyaAllah Endang-Wahyu menjadi pemenang di Konawe Selatan,” ungkap Muh Endang SA dalam konferensi persnya.

Mantan Wakil Ketua DPRD Sultra ini meminta paslon lain untuk menahan diri melakukan euforia demi keamanan dan ketertiban. Jangan karena sahwat politik di korbankan persatuan dan kesatuan masyarakat Konsel.

“Integritas kami adalah untuk keamanan, ketertiban, persatuan dan kesatuan masyarakat Konsel yang paling utama,” tutupnya.

Penulis : Haerun

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...