Akibat Covid-19, Kemendagri Minta Pilkades di Buteng Ditunda dan Lakukan Penambahan TPS

593
 

Labungkari, Inilahsultra.com – Pelaksanaa Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Kabupaten Buton Tengah (Buteng) ditunda. Jadwal semula digelar 14 Desember 2020 diubah menjadi Minggu 20 Desember 2020.

Keputusan penundaan pelaksanaan Pilkades Serentak ini berdasarkan Surat Keputusan yang dikeluarkan Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri.

- Advertisement -

“Bukan dibatalkan tapi ditunda nanti tanggal 20 Desember 2020,” ungkap Sekretaris Dinas Pembardayaan Masyarakat Desa Kabupaten Buteng Firman Kasim.

Dalam pertimbangan penundaan tersebut, pemerintah daerah diminta untuk melakukan pembatasan jumlah pemilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Maksimal 500 Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk pertimbangan pencegahan penyebaran virus Covid-19.

“Dari 23 kabupaten yang Pilkades 15 diminta tunda termasuk Buteng. Buteng diminta penambahan TPS dari 16 menjadi 32 TPS,” terangnya.

Lanjut Firman, penundaan Pilkades tersebut sudah ditindak lanjuti pemerintah daerah dengan mengeluarkan Surat Keputusan Bupati Buton Tengah.

“Bupati sudah tanda tangan surat penundaan sebagai tindak lanjut dari surat Kemendagri dan arahan saat rapat virtual tadi sore dengan Kemendagri,” tutupnya.

Diketahui, ada 16 desa di Kabupaten Buton Tengah akan melaksanakan Pilkades serentak tahun 2020 ini.

Antara lain, Desa Lagili, Desa Bonemarambe, Desa Inulu, dan Desa Lasori di Kecamatan Mawasangka Timur.

Desa Wasilomata II dan Desa Dahiango di Kecamatan Mawasangka. Desa Talaga Besar dan Desa Talaga II di Kecamatan Talaga Raya.

Selanjutnya, Desa Tolandona Matanaeo di Kecamatan Sangia Wambulu. Desa Wadiabero, Desa Rahia, Desa Wakeakea, Desa Waliko, dan Desa Walando di Kecamatan Gu, Desa Mone di Kecamatan Lakudo, serta Desa Lanto di Kecamatan Mawasangka Tengah. (ADS)

Reporter: LM Arianto

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibuwajibpakaimasker
#ingatpesanibuwajibjagajarak
#ingatpesanibuwajibcucitangan
#wajibpakaimasker
#wajibjagajarak
#wajibjagajarakhindarikerumunan
#wajibcucitangan
#wajibcucitangandengansabun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...