Polisi Amankan 5 Terduga Pelaku Ricuh di Morosi Konawe

1033
 

Konawe, Inilahsultra.com – Buntut demontrasi yang dilakukan oleh buruh di PT Virtu Dragon Nikel Industri (VDNI) yang terletak di Kecamatan Morosi, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, polisi mengamankan lima orang terduga pelaku aksi rusuh, Senin 14 Desember 2020 kemarin.

Lima terduga diamankan, Selasa 15 Desember 2020. Mereka diamankan polisi untuk dimintai keterangan terkait aksi pengrusakan fasilitas perusahaan dan aksi pembakaran sejumlah alat berat dan mobil dump truk.

- Advertisement -

Hal ini dibenarkan oleh Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Masyarakat (Humas) Kepolisian Daerah (Polda) Sultra, Kombes Pol Fery Walintukan. Kata Fery, pasti demo rusuh kabarnya lima orang telah diamankan polisi.

“Iya benar, ada 5 orang yang sudah diamankan. Mereka diamankan untuk minta keterangan,” ujar Fery.

Saat ini keadaan di sana sudah kondusif. Aparat gabungan TNI-Polri masih berjaga-jaga untuk menghindari bentrok susulan di pabrik pemurnian nikel.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, aksi demontrasi di PT VDNI berujung ricuh terjadi siang hingga malam hari.

Massa aksi dari pekerjaan atau buruh perusahaan minta kejelasan soal perjanjian perusahaan. Dimana massa meminta kejelasan pihak perusahaan soal perjanjian kerja waktu tertentu (PKWT) yang jangka waktu pekerjaannya lebih dari 36 bulan,
agar diangkat menjadi karyawan tetap di PT VDNI.

Selain itu, massa aksi juga menuntut kenaikan upah bagi pekerja (buruh) yang sudah lebih dari satu tahun bekerja karena tidak sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 Tahun 2015 Pasal 42.

Saat kericuhan terjadi, aparat kepolisian berusaha menenangkan massa aksi. Namun, massa berusaha menemui pihak perusahaan. Namun, pihak perusahaan tidak mau menemui massa aksi.

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa pun datang ke lokasi untuk menemui dan menenangkan massa aksi. Orang nomor satu di Kabupaten Konawe ini mendengarkan tuntutan atau keluhan pendemo.

Fasilitas perusahaan dirusak dan sejumlah alat berat (eksavator) dan Dump Truk dan motor terbakar. Belum diketahui secara pasti, jumlah total keseluruhan alat berat dan Dump Truk yang terbakar.

Penulis : Onno

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...