Dinas PPKB Konut Gelar Advokasi Penyusunan GDPK

310
 

Kendari, Inilahsultra.com – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kabupaten Konawe Utara (Konut) menggelar Advokasi Penyusunan Grand Desain Pembangunan Kependudukan (GDPK) di Aula Dinas PPKB Konut, Selasa 15 Desember 2020.

Kegiatan ini digelar bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3APPKB) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

- Advertisement -

Ada 30 peserta dari berbagai sektor mengikuti kegiatan ini.

Kepala Dinas PPKB Konut Drs. H.M. Kasim Pagala, M.Si mewakili Bupati Konut dalam sambutannya mengatakan, kegiatan GDPK ini sangat penting. Sehingga ada lima pilar yang harus disusun oleh Pemkab Konut dalam merampungkan GDPK tersebut.

Lima pilar tersebut antara lain, pengelolaan kuantitas penduduk, peningkatan kualitas penduduk, pengarahan mobilitas penduduk, pembangunn keluarga, dan penataan administrasi dan data kependudukan.

Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Dinas P3APPKB Sultra Hj Samsam mengingatkan, Pemkab Konut harus segera merancang penyusunan GDPK sebagai wujud pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 153 tahun 2014 tentang GDPK.

Hal ini sekaligus menyahuti ‘teguran’ Menteri Dalam Negeri beberapa bulan lalu yang ditujukan kepada Gubernur Sultra agar mengingatkan kepada kabupaten dan kota yang belum menyusun GDPK.

Ketua Panitia Kegiatan, Hj. Ria Anna Yunus mengatakan, pada tahun 2020 ini Dinas P3APPKB Sultra menggelar kegiatan serupa di lima kabupaten. Masing-masing, Kabupaten Konawe, Kabupaten Konawe Selatan, Kabupaten Kolaka Utara, Kabupaten Konawe Utara, dan Kabupaten Buton Utara.

Kabupaten Konawe Utara merupakan daerah ketiga yang sukses menggelar kegiatan tersebut. Dua daerah sebelumnya adalah Kabupaten Konawe dan Kabupaten Kolaka Utara.

“Kelima kabupaten tersebut pada tahun 2021 kita berharap sudah dapat menyusun GDPK daerahnya,” harapnya.

Editor: Din

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...