Tekan Lonjakan Kasus Covid-19 Jelang Tahun Baru, BPBD Mubar Bagikan Ribuan Masker

358
 

Laworo Inilahsultra.com– Pandemi virus korona atau Covid-19 di Indonesia belum berakhir, karena dinilai masih ada lonjakan kasus positif. Terlebih pada akhir tahun 2020 ini terdapat libur panjang, sehingga meningkatkan penyebaran kasus Covid-19 kemungkinan menjadi Klaster baru buat masyarakat.

Melihat hal itu, untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 menjelang pergantian tahun 2020-2021, Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) Muna Barat (Mubar) membagikan ribuan masker gratis ke masyarakat, Selasa 22 Desember 2020.

- Advertisement -

Kepala pelaksana BPBD Mubar, Drs Ibrahim Tasimu mengatakan, untuk menekan lonjakan angka kasus Covid-19 di Indonesia, menjelang tahun baru ini untuk Kabupaten Mubar melakukan penegakan penanganan disiplin terkait penerapan protokol kesehatan dan penerapan 3M di masyarakat dengan membagikan ribuan masker gratis

“Jadi untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 menjelang tahun baru dan Natal hari ini kita bagikan kurang lebih 10 ribu masker Kemasyarakat,” kata Ibrahim Rasimu kepada jurnalis Inilahsultra.com. Selasa, 22 Desember 2020.

Pembagian 10 ribu masker ini dilakukan tiga titik yang menjadi jalur lalulintas kendaraan yang tersebar ditiga wilayah besar Mubar yakni Lawa Raya, Tiworo Raya dan Kusambi Raya. Setiap kendaraan baik itu roda dua, mobil maupun masyarakat yang melintasi jalur itu, pihak BPBD yang bertugas di lapangan membagikan masker tersebut.

Menurutnya, meskipun Muna Barat sampai hari ini nol kasus, tetapi untuk mencegah atau memutuskan penyebaran mata rantai Covid-19, pihaknya terus meningkatkan kedisiplinan kepada masyarakat dan terus memberikan edukasi dan sosialisasi pentingnya menerapkan 3M yakni menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak

“Ini juga sesuai surat edaran per tanggal 19 Desember kemarin dan keluarnya Perbub untuk menegakan Protokol Kesehatan dalam hal ini juga mengantisipasi masyarakat yang balik jelang libur tahun baru dan Natal ini,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Kabid Kedaruratan dan Ligistik BPBD Mubar, Almawin Susen menambahkan, saat ini pihaknya dan seluruh jajaran BPBD dan tim penegakan disiplin protokol covid-19 dari Sat Pol PP Mubar tengah gencar membagikan masker di tiga titik yang tersebar pada wilayah kecamatan besar di Mubar.

“Jadi menjelang tahun baru dan Natal itu ada peningkatan lalulintas orang atau masyarakat. Oleh karena itu BPBD Mubar menyiapkan pembagian masker gratis. Ini juga dilanjutakan dengan pembagian masker di tiap pasar yang ada ditiga wilaya besar. Alhamdulillah respon masyarakat juga antusias,” ujarnya.

Sementara Koordinator Wilayah, Asis Nurul Syawal juga mengatakan, pembagian masker garatis itu sangat penting untuk meningkatkan kedisiplinan. Bukan cuman dijalan, tetapi pembagian masker itu diberikan juga kepada keluarga para pengguna jalan yang melintasi jalur itu

Selain itu, pihaknya juga lebih intens memberikan pemahaman terkait dengan pentingnya penegakan dan kesadaran diri dalam disiplin menerapkan Prokes Covid-19 dan 3M.

Kata dia, pemerintah daerah dan tenaga kesehatan sampai saat ini tak henti-hentinya selalu mengingatkan agar patuh dalam menerapkan protokol kesehatan 3M.

“Untuk dapat mengurangi lonjakan kasus Covid-19, masyarakat harus disiplin memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun atau handsanitizer. Kalau bukan dari kita sendiri yang mulai siapa lagi,” pungkasnya. (ADS)

Reporter : Muh Nur Alim

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibuwajibpakaimasker
#ingatpesanibuwajibjagajarak
#ingatpesanibuwajibcucitangan
#wajibpakaimasker
#wajibjagajarak
#wajibjagajarakhindarikerumunan
#wajibcucitangan
#wajibcucitangandengansabun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...