BPOM Kendari : Waspada Kosmetik Ilegal Beredar Secara Online di Sultra

493
 

Kendari, Inilahsultra.com Peredaran kosmetik tanpa izin edar atau ilegal yang mengandung bahan berbahaya yang dijual via online mendapat perhatian khusus dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kendari di Sulawesi Tenggara (Sultra).

“Peredaran kosmetik via online kian marak, umumnya kita temukan kosmetik tanpa izin edar dan mengandung bahan kimia yang tidak dapat dijamin keamanannya serta berbahaya bagi kesehatan,” kata Kepala BPOM Kendari, Muhammad Rusydi Ridha saat konferensi pers akhir tahun belum lama ini.

- Advertisement -

Ia mengungkapkan, berdasarkan investigasi yang dilakukan Badan POM Kendari untuk wilayah Sultra, ada yang ditemukan penjualan kosmetik ilegal melalui sosial media.

“Penjualan online ini menjadi fokus Badan POM, karena kosmetik ilegal ini dijual melalui sosial media menyasar wilayah Sultra. Ada banyak kita temukan tapi kita tidak bisa membuka sasarannya yang mana,” ungkapnya.

Ia mengatakan, Badan POM Kendari berusaha melindungi dan memberikan informasi kepada masyarakat bukan hanya kosmetik ilegal tapi juga obat dan makanan yang dapat merugikan kesehatan.

“Kita harapkan masyarakat sebelum membeli produk obat, obat tradisional, kosmetik terlebih dahulu cek kemasan, cek label, cek izin dan cek kedaluwarsanya yang terpenting,” jelasnya.

Selain itu, lanjut dia, salah satu cara untuk mengetahui kosmetik itu legal atau ilegal melalui aplikasi Cek BPOM bisa diunduh melalui Playstore. Dalam aplikasi tersebut ada petunjuk dan secara otomatis bisa mengetahui produk sudah terdaftar atau belum.

“Aplikasi bisa digunakan untuk mengecek produk-produk obat, kosmetik dan sebagainya dengan memasukan nomor registrasi yang tertera di kemasan produk. Jika produk itu ilegal maka yang muncul produk lain atau tidak sesuai dengan yang dicari,” jelasnya.

Untuk itu, ia meminta kerjasama kepada seluruh masyarakat Sultra bisa melaporkan
ke Badan POM bila menemukan penjualan kosmetik ilegal.

“Kami minta bantuan dari masyarakat dan seluruh stakeholder untuk bersama BPOM mencegah kosmetik tanpa izin edar dan mengandung bahan berbahaya beredar di Sultra,” tutupnya.

Penulis : Haerun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...