Sultra Dapat Jatah Vaksin Sinovac 20.400 Dosis, Tiba Selasa 5 Januari 2021

678
Ilustrasi Distribusi vaksin Sinovac di Indonesia. (Antara Foto)

Kendari, Inilahsultra.com – Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) akan mendapatkan 20.400 dosis vaksin covid-19 jenis Sinovac.

Saat ini, pemerintah pusat tengah mendistribusikan vaksin buatan Tiongkok itu ke 34 provinsi di Indonesia. Di Sultra sendiri, rencananya akan tiba pada Selasa 5 Januari 2021 di Bandara Haluoleo Kendari diangkut di pesawat Batik Air pukul 07.00 WITa.

- Advertisement -

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sultra, Usnia mengaku, vaksin yang tiba ini berjumlah 20.400 dosis. Vaksin ini akan dijemput oleh aparat bersama petugas yang telah ditunjuk kemudian disimpan di gudang khusus Kantor Dinas Kesehatan.

“Iya benar, besok vaksin akan tiba di Sultra,” katanya, Senin 4 Januari 2021.

Usnia mengaku, tidak mengetahui apakah vaksin yang tiba ini merupakan gelombang pertama dan ada gelombang selanjutnya. Sebab, kata dia, hal itu menjadi kewenangan pemerintah pusat selalu penyedia vaksin.

Ia juga menyebut, vaksin ini tidak langsung digunakan melainkan menunggu petunjuk teknis dari pemerintah pusat.

Vaksinasi akan diutamakan tenaga kesehatan yang paling rentan terinfeksi. Selain itu, aparat TNI-Polri juga diprioritaskan mendapatkan vaksin ini. Rencananya, penyuntikan vaksin akan dilakukan di Sultra pada 15 Januari 2021.

“Kita juga masih menunggu laporan pastinya dari pusat seperti apa teknisnya,” katanya.

Ia menuturkan, pemprov Sultra telah menyiapkan anggaran kurang lebih Rp500 juta untuk menyalurkan vaksin di 17 kabupaten kota se-Sultra.

Penulis : Haerun

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...