Aliansi Mahasiswa Wawonii Gelar Demontrasi Tuntut Pengelola BCW Dicopot

1712
 

Konkep, Inilahsultra.com – Polemik yang terjadi pada penyaluran Beasiswa Wawonii Cerdas (BWC) tahap II 2020, kini ditindak lanjuti oleh sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Wawonii (AMW) dengan melakukan aksi demontrasi. Masa aksi itu meminta transparansi atau keterbukaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) selaku pengelola BWC.

Aksi demonstrasi ini berlangsung di halaman Kantor Bupati Konkep dengan jumlah masa aksi kurang lebih 50 orang dengan melakukan pembakaran ban bekas, Kamis, 7 Januari 2021.

- Advertisement -

“Ini adalah indikasi maladministrasi yang dilakukan dinas pendidikan dalam proses pengelolaan beasiswa,” teriak jendral lapangan Muh. Fitran Ramadhan.

“Kami berhak mengetahui data mahasiswa penerima beasiswa itu, jangan disembunyikan,” lanjutnya.

Di tempat yang sama, Yayan Reskiawan mengatakan, Negara wajib menyalurkan 20 persen anggaran untuk biaya pendidikan sebagaimana yang tertuang di dalam undang-undang.

“Dinas pendidikan tidak transparan dan tidak prosedural dalam pengelolaannya. Jadi kami minta dari pihak dinas pendidikan untuk menemui kami,” kata Yayan Reskiawan, mahasiswa asal Wawonii Barat itu dalam orasinya.

Kata Yayan sapaan akrabnya, persoalan beasiswa ini harus diselesaikan oleh pihak Dikbud Konkep sebagai penanggung jawab dan pengelola BWC.

“Jangan jadi penghianat daerah, kenapa proses pencairan beasiswa tidak transparan. Ada apa, kenapa disembunyikan datanya, sekarang temui kami pak,” teriak Yayan.

“Kalau sampai tidak ada yang menemui kami, maka kami akan kembali dengan jumlah yang lebih banyak, ini bukan aksi terakhir. Kami tidak akan berhenti sampai persoalan ini selesai,” lanjutnya.

Adapun pernyataan sikap dari masa aksi sebagai berikut :
1. Transparansi SK panitia beasiswa
2. Transparansi data berkas penerima beasiswa
3. Jumlah anggaran beasiswa wawonii cerdas
4. Perbub terkait beasiswa
5. Mahasiswa wajib menerima beasiswa
6. Copot/ganti kadis pendidikan beserta sekretaris dan bendahara kadis pendidikan

Setelah melakukan orasi berjam jam, masa aksi tidak juga ditemui Kadis Dikbud Konkep, Muh. Yani beserta jajarannya, sehingga masa aksi bergegas menuju Kantor DPRD Konkep.

Reporter : Sadaruddin

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...