Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi Muna, Pelabuhan Kontainer Bakal Dibangun di Labunti

580
LM Rusman Emba.

Kendari, Inilahsultra.com Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal memiliki pelabuhan kontainer untuk membangun konektivitas antarpulau di daerah untuk peningkatkan pertumbuhan ekonomi di Bumi Sowite.

Rencananya lokasi pembangunan pelabuhan kontainer di Desa Labunti, Kecamatan Lasalepa. Program pembangunan tersebut telah masuk dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional periode 2019-2024.

- Advertisement -

“Lokasi pembangunan pelabuhan kontainer itu kita pusatkan di Desa Labunti. Kalau kita lihat desain itu tahun ini 2021 dimulai. Dana insentif daerah (DID) juga sudah disiapkan dan sudah di APBD-kan 2019 lalu termaksud master plan-nya juga kita sudah siapkan,” kata Bupati Muna, LM Rusman Emba saat ditemui di Kota Kendari, Kamis 7 Januari 2021.

Bupati Muna terpilih 2020 ini mengatakan, pemerintah pusat juga sudah menyiapkan anggaran untuk mempercepat proses pembangunan pelabuhan kontainer.

“Pemerintah pusat juga sudah menyiapkan anggarannya dan DID kita hampir Rp50 miliar. Kita tinggal tunggu action, tapi tentu kita lakukan bertahap dan disesuaikan degan kondisi keuangan daerah,” ujarnya.

Mantan Ketua DPRD Sultra ini menjelaskan, dengan kehadiran Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Ridwan Bae meninjau lokasi di Desa Labunti menunjukan pembangunan pelabuhan kontainer tidak lama lagi akan direalisasikan.

“Itu menunjukan pembangunan tidak akan lama lagi akan direalisasikan. Pemerintah pusat bekerjasama dengan pemerintah daerah sangat serius dalam rangka membangun pelabuhan kontainer untuk menghidupkan perputaran ekonomi,” jelasnya.

Menurut mantan anggota DPD RI ini, dengan adanya pelabuhan kontainer akan berdampak pada perputaran ekonomi di Muna.

Sebab, kata dia, selama ini kendala yang dihadapi di Muna masalah pemasaran. Banyak hasil bumi di Muna dibawa di luar daerah seperti Buton, Kendari dan beberapa daerah di luar Sulawesi dengan biaya pengangkutan cukup mahal.

“Kalau sudah ada pelabuhan kontainer ini tentu hasil bumi dari Muna bisa langsung dibawa di Kota-kota besar di Indonesia dan biayanya bisa dijangkau,” tutupnya.

Penulis : Haerun

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...