Kelompok Nelayan di Buton Diberi Bantuan Alat Tangkap Ikan

176
 

Pasarwajo, Inilahsultra.com ‚Äď Sebagai stimulan kepada para nelayan, Bupati Buton La Bakry menyerahkan bantuan alat tangkap ikan kepada Kelompok Nelayan yang tersebar di wilayah Kabupaten Buton. Penyerahan bantuan secara simbolis ini dilakukan orang nomor satu di Buton, Jumat 8 Januari 2020 di Dermaga PPI (Pangkalan Pendaratan Ikan) Pasarwajo.

Penyerahan bantuan alat tangkap ikan tersebut berupa 22 unit armada tuna hand line, 47 unit armada katinting, dan 50 unit rumpon.

- Advertisement -

Bupati Buton La Bakry memaparkan, bantuan stimulan kepada para nelayan tersebut kiranya dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga, khususnya di masa pandemi Covid-19 saat ini.

‚ÄúSaya berharap bantuan ini tidak dipindahtangankan, tetapi benar-benar digunakan untuk meningkatkan perekonomian keluarga. Setiap penerima bantuan harus menggunakannya untuk kebutuhan hidup sehari-hari dan meningkatkan kesejahteraan keluarga,‚ÄĚ ungkapnya.

Ia menambahkan, satu kapal atau armada yang diterima diharapkan bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya.  Pendapatan nelayan dapat disisihkan, sehingga bisa mengadakan alat tangkap sendiri secara mandiri dalam kurun waktu setahun.

Ketua DPD Partai Golkar Buton ini berharap, bagi para kelompok nelayan yang belum mendapat bantuan, Pemda melalui Dinas Kelautan dan Perikanan akan berupaya untuk diakomodir di tahun anggaran 2021 ini.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Buton Rasmin Rahman mengungkapkan, anggaran bantuan ini berasal dari DAK (Dana Alokasi Khusus) 2020, DID awal dan DID tambahan karena ada beberapa perubahan sehingga baru disalurkan pada Januari 2021.

‚ÄúPenerima bantuan hari ini merupakan perwakilan kelompok nelayan dari tujuh kecamatan se-Kabupaten Buton,‚ÄĚ katanya.

Menurut dia, mekanisme pemanfaatan bantuan ini akan disepakati kedua belah pihak. Namun beberapa hal yang pasti yaitu untuk memastikan bantuan benar-benar tepat sasaran, bantuan tidak boleh dipindahtangankan.

Kelompok nelayan harus memberikan laporan hasil tangkapan secara rutin sebagai bahan evaluasi penerimaan bantuan, dan khusus untuk armada penangkap tuna agar mengukur kapal sebagai syarat nelayan memperoleh BBM bersubsidi.

Reporter: LM Arianto

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...