Tancap Gas, DPRD Baubau Tetapkan 22 Raperda Masuk Prolegda

209
 

Baubau, Inilahsultra.com– Pandemi Covid-19 yang sedang melanda membawah pengaruh besar pada setiap kinerja berbagai pihak. Salah satunya berimbas pada kinerja anggota DPRD Baubau dalam bidang legislasi.

Pada tahun 2020 lalu, angka produktivitas Perda yang dihasilkan sangat menurun drastis, yakni hanya lima Perda.

- Advertisement -

Kini, DPRD Baubau mulai tancap gas dengan menetapkan 22 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) masuk dalam Program Legislasi Daerah (Prolegda) 2021, melalui rapat paripurna di gedung DPRD Baubau, Rabu 13 Januari 2021.

“Hari ini ada 22 Raperda yang kita tetapkan dalam Prolegda. Tiga diantaranya merupakan Raperda program kumulatif atau yang rutin ditetapkan setiap tahun,” tutur Ketua DPRD Baubau H Zahari kepada sejumlah wartawan.

Kemudian, lanjut pria yang akrab disapa Haji Bobi ini, dua dari 22 Raperda itu merupakan Raperda yang tidak tuntas dibahas tahun lalu. Masing-masing, Raperda Tentang Penambahan Modal kedalam PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sulawesi Tenggara (Sultra) dan Raperda tentang Penyertaan Modal Perusahaan Umum Daerah POLIMA.

“Dua Raperda ini sudah pembahasan tahun lalu. Tapi karena pandemi, akhirnya terhenti dan tahun ini Panitia Khusus (Pansus)-nya dibentuk kembali untuk menyelesaikan dua Raperda ini,” pungkas Legislator Golkar ini.

Sementara itu Sekretaris DPRD Baubau Yaya Wirayahman menargetkan pembahasan 22 Raperda ini secepatnya dituntaskan.

Yaya tidak menampik, jika tahun 2020 kemarin angka produktivitas Perda yang dihasilkan sangat menurun drastis. Hal itu dikarenakan adanya pandemi Covid-19 yang membatasi pergerakan DPRD Baubau.

“Tahun ini kita tancap gas tuntaskan yang 22 (Raperda) itu,” ujarnya.

Yaya menambahkan, tidak menutup kemungkinan akan ada tambahan Raperda diluar dari 22 Raperda yang sudah ditetapkan.

“Bisa saja ada tambahan (Raperda) kalau sifatnya urgen dan akan dituntaskan juga tahun ini,” tandasnya.

Reporter: Muhammad Yasir

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...