Longboat Mati Mesin dan Terseret Arus, Dua Nelayan di Kolut Ditemukan Selamat

142
Dua nelayan yang hilang di Kolaka Utara akhirnya ditemukan selamat. (Dok Basarnas)

Kendari, Inilahsultra.com – Sebuah longboat bermuatan dua nelayan, mengalami mati mesin dan dikabarkan hilang kontak saat mencari ikan di sekitar Karang Pasitoddo Perairan Desa Pitulua Kecamata Lasusua Kabupaten Kolaka Utara, Selasa 19 Januari 2021 sore akhirnya ditemukan.

Dua nelayan, Dedi (40) dan Baso (15) ditemukan dalam keadaan selamat oleh nelayan lainnya. Keduanya merupakan warga desa Pitulua Kecamatan Lasusua.

- Advertisement -

Kepala Kantor Basarnas Kendari Aris Sofingi mengatakan, Rabu 20 Januari 2021 sekira pukul 11.20 WITa, Tim Rescue Pos SAR Kolaka tiba di Lokasi Kejadian Kecelakaan (LKK) langsung berkoordinasi dengan instansi terkait untuk melakukan pencarian.

“Menjelang sore, sekira pukul 17.30 WITa, Tim SAR Gabungan mendapat informasi bahwa korban ditemukan dalam keadaan selamat oleh nelayan di Desa Lawata, Kecamatan Pakue Utara, Kolaka Utara,” jelas Aris Sofingi.

Menerima informasi itu, tim SAR gabungan langsung bergerak menuju desa tersebut untuk melakukan pengecekan kebenaran informasi tersebut.

“Setibanya di sana, ternyata benar. Tim SAR gabungan bertemu dua korban dalam keadaan selamat,” sambung Aris.

Kedua korban ditemukan sekira pukul 13.00 WITa, oleh nelayan di Desa Lawata bernama Jamar. Saat ditemukan, dua korban dalam keadaan lemas di atas perahu yang terombang-ambing di Laut.

“Dua nelayan ini terombang ambing di laut, selama kurang lebih sahari semalam.
Korban ditemukan sekitar 32 NM arah utara dari LKK,” tuturnya.

Saat ini, korban dalam perjalanan dari Desa Lawata menuju rumah mereka di Desa Pitulua, Lasusua bersama tim rescue Pos SAR Kolaka dengan menggunakan rescue truck untuk diserahterimakan ke pihak keluarga.

“Dengan ditemukannya dua korban, operasi SAR terhadap satu buah longboat nelayan yang mengalami mati mesin dinyatakan selesai dan ditutup,” pungkasnya.

Adapun unsur yang terlibat dalam pencarian yaitu Pos SAR Kolaka, Polsek Lasusua, Pos AL Kolut, BPBD Kolut, Syahbandar Kolut, Polair Kolut dan nelayan setempat.

Penulis : Onno

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...