Tahun ini, Anggaran Covid-19 di Baubau Hanya Rp 19 Miliar

238
Yulia Widiarti

Baubau, Inilahsultra.com- Anggaran penanganan Covid-19 di Kota Baubau tahun 2021 ini menurun alias hanya Rp 19 miliar. Hal ini jauh berbeda dengan tahun sebelumnya yang mencapai Rp 92 miliar.

Plt Kepala Badan Pengelola Keuangan Aset dan Pendapatan Daerah (BPKAPD) Kota Baubau Yulia Widiarti menuturkan, hal tersebut disebabkan dalam penyusunan rencana anggaran 2021 sudah tidak ada lagi dana besar untuk Covid-19.

- Advertisement -

“Anggaran Rp 19 miliar itu diluar dari bantuan sosial. Jadi hanya untuk membiayai kebutuhan tenaga kesehatan dan pasien seperti honor, konsumsi, Alat Pelindung Diri (APD), obat-obatan, dan peti jenazah,” tuturnya.

Meski anggaran menurun, pihaknya akan menyesuaikan dengan kondisi kedepan. Namun, Yuli berharap porsi anggaran Rp 19 miliar tersebut masih cukup.

“Kalau anggaran itu tidak cukup, nanti kita lihat seperti apa strateginya apakah kita akan refocusing anggaran lagi atau seperti apa,” ucapnya.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kota Baubau ini menjelaskan, kebijakan mengurangi alokasi anggaran penanganan Covid-19 pada tahun ini karena adanya penurunan signifikan kasus positif Covid-19 pada pertengahan Desember 2020 lalu.

“Namun, kasus positif Covid-19 di Kota Baubau di luar dugaan. Ternyata pada akhir Desember 2020, kasus Covid-19 kembali menunjukkan peningkatan signifikan pasca penyusunan APBD 2021 sudah rampung,” pungkasnya.

Reporter: Muhammad Yasir

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...