Besok KPU Butur Tetapkan Pemenang Pilkada

339
Ketua KPU Butur Hasruddin. (Istimewa)

Inilahsultra.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buton Utara (Butur), mengagendakan rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon terpilih bupati dan wakil bupati Butur, Jum’at 22 Januari 2021, besok.

Penetapan pemenang dipastikan setelah Mahkamah Konstitusi (MK) mengeluarkan daftar registrasi gugatan sengketa pilkada, Rabu (20/1), dimana Butur tidak masuk dalam daerah yang mengajukan gugatan sengketa Pilkada.

- Advertisement -

Ketua KPU Butur, Hasruddin saat dihubungi melalui telepon genggamnya mengatakan, rapat pleno penetapan pasangan calon bupati Butur akan digelar Jum’at besok pukul 13.30 WITA di Kantor KPU Buton Utara di Buranga.

“Iya, besok digelar pleno penetapan pasangan calon terpilih. Undangan sudah kami sebar,” katanya.

Hasruddin menerangkan, dalam ketentuan tahapan Pilkada, penepatan paling lama 5 hari setelah MK mengeluarkan buku register perkara sengketa.

“Butur kan tidak ada gugatan yang diajukan ke MK. Berdasarkan ketentuan yang ada, bagi daerah kabupaten/kota yang tidak memiliki gugatan di MK, dimungkinkan untuk menetapkan calon terpilih,” ujarnyam

Sementara itu, Kordiv Teknis KPU Butur, Muh Sairman Sahadia mengungkapkan, usai dilakukan rapat pleno penetapan, hasil penetapan yang akan dituangkan dalam surat keputusan KPU Butur, selanjutnya diteruskan ke DPRD Butur.

“Setelah rapat pleno penetapan, kami sudah korodinasi dengan lembaga DPRD Butur, penyerahan surat keputusan itu besok malam,” ucapnya..

Berdasarkan pleno penetapan hasil perolehan suara Pilkada Butur, pasangan calon Muh Ridwan Zakariah- Ahali (RIDA) berhasil memperoleh suara terbanyak sebesar 15.890 atau 38,19 persen.

Sedangkan urutan kedua ditempati pasangan calon petahana Abu Hasan-Suhuzu dengan perolehan suara 13.657 atau 32,82 persen. Untuk posisi terakhir Aswadi Adam-Fahrul Muhammad 12.064 suara atau 28,99 persen.

“Pastinya, yang akan ditetapkan sebagai calon terpilih Bupati Buton Utara ialah pasangan calon yang memperoleh suara terbanyak. Untuk Buton Utara pasangan bupati dan wakil bupati nomor urut 1, Muh Ridwan Zakariah-Ahali yang meraih suara terbanyak,” imbuhnya.

Reporter : Asep wijaya

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...